Semarapura (Antaranews Bali) - Sebanyak 36 orang murid sekolah dasar (SD) mengikuti Lomba Teatrikal untuk memeriahkan peringatan Hari Puputan Klungkung ke-110 dan Hari Ulang tahun (HUT) ke-26 Kota Semarapura Tahun 2018 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya.

"Kegiatan tersebut mengusung tema `Menginspirasi perjuangan dalam pembangunan segala bidang, demi terwujudnya Klungkung yang damai dan sejahtera`," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gede Darmawan di Semarapura, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan lomba yang digelar Kamis (19/4) malam itu mendapat perhatian besar dari masyarakat, yang mengimplementasikan tema lomba dalam bentuk teatrikal di kalangan siswa.

Melalui lomba diharapkan mampu meningkatkan kesadaran peserta didik akan nilai-nilai karakter dan nilai-nilai perjuangan para pendahulu.

Dari lomba itu akan terbentuk karakter yang bagus, budi pekerti yang luhur dan jiwa yang halus, sehingga mampu mewujudkan Klungkung yang damai dan sejahtera.

Dewa Gede Darmawan yang juga koordinator kegiatan tersebut menambahkan, peserta SD terdiri dari tiga grup dari tiga Kecamatan di Kabupaten Klungkung, yakni Dawan, Klungkung dan Banjarangkan. Masing-masing group terdiri dari 12 orang.

Lomba serupa juga akan digelar untuk tingkat SMP Jumat (20/4) dan tingkat SMA/SMK Minggu (22/4). Hal itu selain meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai perjuangan para pendahulu, juga diharapkan mampu membangkitkan kreativitas dan motivasi peserta didik dalam bidang seni budaya khususnya seni teater.

"Lomba ini akan membangkitkan kreativitas siswa, khususnya bidang seni teater," ucap Dewa Darmawan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan staf ahli Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Ni Wayan Ringin, Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada mengapresiasi pelaksanaan lomba teatrikal tersebut.

Menurut Pjs Bupati, lomba tersebut diharapkan membangkitkan kreativitas dan potensi siswa khususnya dalam bidang seni teater, agar tercipta peserta didik yang berkarakter.

Ia mengharapkan sejalan dengan tema yang diangkat tentang semangat Puputan Klungkung mampu membangkitkan semangat para peserta dalam menginspirasi perjuangan segala bidang, demi terwujudnya Klungkung yang damai dan sejahtera.

"Dengan semangat puputan klungkung, kita inspirasi perjuangan segala bidang dalam rangka terwujudnya klungkung yang damai dan sejahtera," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta I Komang Adi Putra mengaku senang dan bangga mengikuti lomba tersebut. Menurut siswa kelas V SDN 2 Pesinggahan ini, lomba teatrikal dengan tema perjuangan bisa meneladani semangat perjuangan para pendahulu.

"Saya senang dan bangga bisa mengikuti lomba ini, karena dapat meneladani perjuangan para pendahulu," ujar pemeran tokoh raja yang hanya dapat latihan selama enam hari itu. (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018