Denpasar (Antaranews Bali) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menyerahkan tali kasih kepada veteran pejuang kemerdekaan Indonesia dalam rangka memperingati hari ulang tahun "Serangan Umum Kota Denpasar".

"Tahun ini kami memberikan tali kasih kepada empat veteran pejuang `Serangan Umum Kota Denpasar` yang diperingati setiap tanggal 11 April," kata Pelaksana Tugas Walikota Denpasar, Gusti Jaya Negara di Denpasar, Kamis

Ia mengatakan bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian Pemkot Denpasar kepada para veteran yang telah berjuang pada Serangan Umum Kota Denpasar tahun 1946.

Menurut dia, bantuan tersebut tidaklah seberapa nilainya jika dibandingkan dengan pengorbanan para veteran. Peristiwa perjuangan merebut kemerdekaan memang merupakan suatu peristiwa bersejarah yang dilakukan para pemuda pejuang untuk melawan penjajah Belanda bahwa NKRI masih berdaulat.

"Saat perjuangan dahulu yang dilakukan oleh para veteran hendaknya dapat dijadikan inspirasi oleh para generasi muda masa kini untuk mengisi pembangunan ini," ujarnya.

Jaya Negara berharap nilai-nilai perjuangan yang dilakukan oleh para veteran pejuang "Serangan Umum Kota Denpasar" dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun empat pejuang yang menerima tali kasih adalah I Nyoman Dana dari Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur; I Ketut Rena dari Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan; Ni Wayan Gateri dari Kelurahan Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat; dan I Gusti Ayu Agung Adi Pertiwi dari Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar, Djero Wiladja, mengatakan perhatian Pemkot Denpasar terhadap para veteran sudah sangat baik.

Dalam usia yang makin tua perhatian Pemkot Denpasar sangat berarti. "Ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pejuang yang masih hidup saat ini menjadi veteran," katanya, didampingi Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara.

Sementara itu, seorang veteran yang menerima bantuan I Nyoman Dana didampingi anaknya Ketut Kasiana sangat berterima kasih kepada Pemkot Denpasar yang sudah memperhatikan dan menghargai masyarakatnya terutama para veteran.

Perhatian tersebut tidak hanya memberikan bantuan saja, tetapi juga telah memperingati jasa-jasa para veteran dengan merayakan hari-hari bersejarah seperti Puputan Badung, Serangan Umum Kota Denpasar dan hari bersejarah lainnya.

"Pemkot Denpasar sangat memperhatikan orang tuanya yang pernah berjuang mempertaruhkan jiwa raganya demi meraih kemerdekaan. Saya berharap ke depan hal seperti ini terus ditingkatkan agar para veteran dapat menikmati masa tuanya dengan baik dan bahagia," ucapnya.(WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018