Denpasar (Antaranews Bali) - Sekretaris Kota Denpasar, Bali, Anak Agung Rai Iswara mengatakan rapat koordinasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu penting untuk menyamakan persepsi dalam menjalankan peraturan pemerintah sesuai dengan perundang-undangan.

"Adanya pra-rapat koordinasi wilayah Apeksi yang diselenggarakan di Kota Batu, Malang (Jawa Timur), sebagai upaya memantapkan agenda yang akan dibahas dalam rapat koordinasi wilayah Apeksi mendatang," kata Rai Iswara melalui surat elektronik kepada media di Denpasar, Kamis.

Kegiatan yang mengangkat tema "Keberlanjutan program Pembangunan Daerah serta Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) Pasca-Pilkada" menghadirkan 129 orang perwakilan dari 13 delegasi perwakilan pemkot yang termasuk ke dalam Korwil IV Apeksi (Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT).

Sekot Rai Iswara mengharapkan seluruh delegasi memberikan masukan-masukan membangun terkait pola dan isu strategis yang akan dibahas dalam rapat koordinasi kali ini.

Adapun yang perlu dibahas, antara lain terkait batasan prosesi otonomi daerah dan definisinya serta rekomendasi yang akan diberikan sehingga dapat membingkai kerja sama yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri, Kapolri dan Kejaksaan.

"Tema implementasi SDGs setelah pilkada ini perlu juga dibuatkan indikator-indikator SDGs, sehingga jelas kegiatan yang membutuhkan bersinergi dengan wali kota dari daerah dan pusat serta yang dapat segera dikerjakan secara swadaya dengan tujuan akhirnya menuju masyarakat yang bahagia. Rekomendasi ini tentu menjadi indikator yang dapat memastikan menuju kebahagiaan masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu yang juga selaku Ketua Korwil IV Apeksi, Dewanti Rumpoko mengucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi yang hadir dalam pra-Rakorkomwil IV Apeksi 2018.

"Khusus untuk Kota Denpasar yang telah terkenal sektor pariwisatanya, sehingga Kota Batu akan terus menjalin kerja sama pengembangan sektor pariwisata serta belajar dengan Pemkot Denpasar," ujarnya.

Lebih lanjut Dewanti Rumpoko mengatakan pra-Rakorkomwil IV Apeksi ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Apeksi sebelumnya di Kota Mataram, NTB.

"Adapun dari Pra-Rakorkomwil IV Apeksi ini sedianya akan dibahas isu startegis yang dihadapi pemerintah kota sebagai bahan rekomendasi Korwil IV Apeksi yang akan dilaporkan pada Rakernas Apeksi 2018 di Kota Tarakan, Kalimantan Utara dan juga sebagai ajang untuk mengusulkan calon tuan rumah Rakornas Apeksi dan Rakorkomwil IV Apeksi tahun 2019," katanya. (ed)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018