Denpasar (Antaranews Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mendorong tim penggerak PKK di provinsi setempat untuk mempertajam program prioritas dalam upaya pemberdayaan ekonomi keluarga melalui aktivitas yang kreatif dan inovatif.

"Tantangan PKK ke depan semakin berat dan kompleks, berbagai permasalahan sosial sebagai dampak dari kemajuan iptek, seperti kenakalan remaja, kriminalitas, persoalan gender, kekerasan dalam rumah tangga berpotensi menurunkan kualitas SDM," kata Pastika dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali Ketut Lihadnyana, di Denpasar, Senin.

Oleh karena itu, lanjut dia, PKK harus mempertajam program prioritas, di samping lebih proaktif mengembangkan program yang menjadi isu strategis ke depan, sesuai dengan hasil rumusan yang telah disepakati pada rapat konsultasi sebelumnya.

"Selama ini, Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, saya nilai telah banyak berbuat nyata dalam upaya mendukung berbagai program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas keluarga, terutama berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan melalui penanganan masalah hal yang mendasar terkait aspek pendidikan, kesehatan dan peningkatan keterampilan masyarakat Bali," ucapnya pada acara Lomba Jambore PKK tingkat Provinsi Bali itu.

Terkait dengan berbagai lomba yang dilaksanakan dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat berkelanjutan dan tidak hanya bersifat seremonial. Namun, lebih pada upaya membangun dan memperkuat sinergitas dan koordinasi secara berjenjang.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ayu Pastika mengatakan tujuan umum berbagai lomba dalam kegiatan Jambore PKK tersebut adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan para anggota PKK, kader dasa wisma, serta kader lainnya dalam program pembangunan khususnya 10 program pokok PKK.

"Dengan demikian, mampu memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," ujar istri orang nomor satu di Bali itu.

Sedangkan tujuan khususnya, diantaranya untuk memupuk rasa persahabatan, kekeluargaan dan rasa persatuan diantara peserta. Selain itu untuk memperoleh kader-kader yang mampu memberikan penyuluhan sebagai seleksi awal dalam mewakili Bali pada kegiatan Jambore Kader tingkat nasional.

Dalam Jambore PKK tersebut, sejumlah lomba yang digelar berupa lomba yel-yel 10 program pokok PKK, lomba paduan suara mars PKK, lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga, lomba penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga, serta lomba penyuluhan pemanfaatan lahan melalui program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK.

Ada juga lomba penyuluhan deteksi dini kanker serviks, serta lomba gembira dan lomba merias wajah dengan mata tertutup. (ed)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018