Mangupura (Antaranews Bali) - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, menjalin silaturahmi dengan umat Islam di Badung, sekaligus meresmikan Musholla At-Taqwa setelah renovasi di kawasan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali.

Informasi yang diterima Antara dari Humas Pemkab Badung, Minggu, menyebutkan peresmian yang ditandai?dengan penandatanganan prasasti di Musholla At-Taqwa yang sudah didirikan sejak Tahun 1997 dengan jamaah sekitar 1.000 orang?itu berlangsung pada Sabtu (10/2).

Bupati Giri Prasta menyampaikan rasa bangganya atas kerukunan umat beragama yang sudah terjalin di Badung, karena Pemkab Badung juga telah berkomitmen untuk mempertahankan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

"Kami harus jaga keutuhan empat pilar kebangsaan itu. Alhamdulilah kerukunan umat terjaga dengan baik, mudah-mudahan warga Badung tetap aman dan makmur," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Giri Prasta juga menyerahkan bantuan sebesar Rp25 juta untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Dukungan Pemkab Badung terhadap pembangunan musholla ini merupakan salah satu wujud komitmen Badung dalam mengembangkan seni, adat, agama dan budaya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Mukti Sentosa, Deny Prasetyo, mengatakan jamaah Musholla At-Taqwa sangat berterima kasih dan mengapresiasi perhatian Bupati Badung yang sudah merealisasikan beberapa permohonan, bantuan, maupun perizinan ke masjid maupun mushalla yang ada di Kabupaten Badung.

Deny juga berharap Bupati Badung dapat memberikan dukungan untuk melanjutkan renovasi tahap kedua.

"Besar harapan kami Bapak Giri Prasta dapat mendukung, baik dari segi materi maupun material bagi Mushalla At-Taqwa," katanya.


Hadiri Manasik Haji
Pada hari yang sama, Bupati Giri Prasta juga menghadiri kegiatan Bimbingan Manasik Haji yang dilaksanakan umat Islam Badung di Masjid Nurul Yatim Lingkungan Abianbase, Kuta, Badung.

Kepada panitia manasik, Bupati Giri Prasta memberikan bantuan Rp25 juta?untuk mendukung pelaksanaan Manasik Haji sebagai wujud komitmennya sebagai Bupati yang harus merangkul semua golongan tanpa memandang perbedaan suku, agama dan ras.

Bupati Giri Prasta menjelaskan, Pemkab Badung selama ini telah memfasiilitasi kaum Muslim di Badung, khususnya yang akan menunaikan ibadah haji dengan membantu transportasi pulang pergi dengan pesawat terbang dan penginapan di hotel sebelum jamaah menuju Embarkasi Haji Surabaya.

"Saya membantu transportasi calon haji Badung karena sudah merupakan komitmen saya pada tahun 2017. Inilah bukti saya mengayomi dan melindungi masyarakat Badung dengan konsep matahari, siapapun harus mendapatkan sinarnya," ujar Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta menambahkan Pemkab Badung berkomitmen terus mengayomi seluruh masyarakat, termasuk kaum Muslim, karena kaum Muslim telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Badung.

"Untuk itu, saya minta kepada calon haji yang sudah kembali dari Tanah Suci agar ikut menjaga sinergitas tatanan kerukunan umat beragama, khususnya di wilayah Badung dan Bali pada umumnya," katanya.

Bupati berharap, dengan terwujudnya kerukunan antar umat beragama di Badung maka pembangunan di Badung dan Bali umumnya akan dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan pemerintah menyejahterakan warganya dapat terwujud.

Menanggapi hal itu, Ketua Panitia Manasik Haji, Imam Hanafi, mengapresiasi Badung Giri Prasta karena telah menyempatkan hadir dan membuka kegiatan manasik haji di Masjid Nurul Yatim.

"Selama 18 tahun saya menjadi warga Bali, baru saat ini ada Bupati yang membantu calon jamaah Haji. Selain itu Bapak Giri Prasta juga mamu membantu pembangunan masjid di banyak tempat di Badung," katanya.  (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018