Semarapura (Antaranews Bali) - Sebanyak 415 pelajar sekolah dasar (SD) dari enam gugus di Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali ikut ambil bagian dalam Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) di GOR Ikada Koripan Banjarangkan.

Peserta tersebut terdiri atas mengikuti kegiatan berbagai jenis olahraga 205 orang dan kegiatan bidang seni 210 orang yang dibuka Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan setempat, Selasa.

Ketua Panitia kegiatan tersebut Wayan Dhiantara melaporkan, kegiatan Porsenijar tingkat Sekolah Dasar se Kecamatan Banjarangkan mengusung tema "Melalui Porsenijar Kita tingkatkan Kreativitas dan Prestasi Siswa dalam melestarikan budaya bangsa menuju masyarakat yang Unggul dan Sejahtera dengan semangat Gema Santi".

Cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain lari 60 meter putri, lari 80 meter putra, tenis meja putra, lompat tinggi, lompat jauh, dan tolak peluru kategori putra dan putri.

Sedangkan Bidang seni yang dilombakan, yakni tari Pendet Putri, tari Baris Tunggal Putra, menyalin huruf latin ke aksara Bali, melukis, Mesatua Bali, Macepat kategori putra dan putri, serta lomba seni lainnya seperti pantomim, menyanyi solo, baca puisi, bercerita Bahasa Indonesia dan Dharma Wacana Agama Hindu.

Lomba bidang olahraga dilaksanakan selama tiga hari, 7-9 Februari 2018, pada bidang atletik bertempat di Lapangan Umum Banjarangkan dan Lapangan Pau Desa Tihingan. Bidang catur berlokasi di SDN 1 Takmung. Bidang tenis meja bertempat di GOR Ikada Koripan Banjarangkan.

Lomba bidang seni dilaksanakan selama tiga hari, 13-15 Februari 2018. Untuk bidang seni Lomba Tari Putra dan Putri serta menyanyi solo diadakan di Balai Banjar Pagutan Desa Banjarangkan, dan untuk seni bidang menyalin, melukis, mesatua, macepat, pantomim, baca puisi, bercerita bahasa indonesia dan Dharma Wacana bertempat di SDN 3 Banjarangkan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Bupati I Made Kasta menyatakan,

Porsenijar merupakan wahana untuk pembibitan dan sebagai ajang peningkatan prestasi bagi atlet dan seniman yang dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan.

Melalui Porsenijar Kecamatan akan dapat melakukan evaluasi kegiatan olahraga dan seni yang selama ini dibina di masing-masing sekolah untuk menunjukkan prestasi terbaiknya.

?Prestasi tidak tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi prestasi akan didapatkan melalui latihan yang rutin, sistematis dengan disiplin yang tinggi? ujar Bupati Suwirta.

Ia mengharapkan kepada Camat Banjarangkan khususnya kepala unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan beserta jajarannya, agar senantiasa memberikan bimbingan secara terus menerus mengadakan pembinaan di bidang olahraga dan seni di tingkat dasar sehingga masyarakat Klungkung yang unggul dan sejahtera akan segera terwujud. (ed)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018