Badung (Antaranews Bali) - Prudence Foundation yang merupakan lembaga sosial sebagai bagian dari Prudential Corporation Asia menyerahkan seperangkat alat perlengkapan kepada Badan Penyelamat Wisata (Balawista) Kabupaten Badung di Pantai Kuta, Bali, Rabu.

Dalam penyerahan bantuan yang merupakan bagian dari program "SAFE STEPS" tersebut, Prudence Foundation menyerahkan sejumlah peralatan petugas Balawista seperti dua unit kendaraan All-Terrain Vehicle (ATV), 20 teropong, dan 30 payung parasol.

Executive Director Prudence Foundation, Marc Fancy, mengatakan program "SAFE STEPS First Aid" merupakan inisiatif layanan masyarakat yang pertama di Asia yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pertolongan pertama (first-aid).

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu tugas personel Balawista dan menjadi langkah awal yang tepat dalam usaha kami menyosialisasikan SAFE STEPS di Indonesia agar dapat melindungi masyarakat luas," ujar Marc Fancy.

SAFE STEPS First Aid merupakan sebuah inisiatif keselamatan yang digagas oleh Prudence Foundation bekerja sama dengan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) dan National Geographic yang pertama diluncurkan pada September 2017.

SAFE STEPS First Aid bertujuan membangun pengetahuan masyarakat tentang topik-topik pertolongan pertama (first aid), yakni patah tulang, luka bakar, tersedak, CPR, pendarahan berat dan serangan jantung, agar masyarakat memahami apa yang harus dilakukan saat situasi darurat.

Selain menyerahkan bantuan, Prudence Foundation bekerja sama dengan Duta SAFE STEPS, Marshello Lolot Aryafara, dan Balawista Badung juga mendukung program "Little Nippers" yakni pelatihan dasar keselamatan di pantai bagi anak berusia 6-13 tahun di Bali.

Selain itu, pelatihan dasar pertolongan pertama di pantai juga diberikan kepada sejumlah tenaga pemasar serta karyawan Prudential di area Bali.

Mereka juga diharapkan dapat berbagi pengetahuan keselamatan tersebut kepada rekan lainnya agar masyarakat luas dapat meneliti pengetahuan untuk menyelamatkan jiwa dalam kondisi darurat.

Corporate Communications & Sharia Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo, menjelaskan kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan mereka terhadap program SAFE STEPS.

"Kami berharap program ini khususnya pelatihan keselamatan pantai dapat meningkatkan pemahaman anak-anak serta tenaga pemasar dan karyawan kami terkait keselamatan diri, dalam kondisi darurat," katanya. (WDY)

Pewarta: Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018