Semarapura (Antaranews Bali) - Wakil Bupati Klungkung, Bali Made Kasta yang juga selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) setempat menyerahkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga lanjut usia (lansia) dan miskin Ketut Kleser (85), Kamis.

I Ketut Kleser tinggal bersama istrinya Ni ketut Beret (80) di sebuah rumah tidak layak huni di Dusun Buayang Desa Gunaksa, Klungkung. Rumah tempat tinggal pasangan suami-istri yang sudah lansia itu sangat memprihatinkan, karena dalam kondisi rusak, kotor tanpa dilengkapi perabotan rumah tangga.

Bahkan bangunan yang berfungsi sebagai dapur juga rusak akibat tertimpa pohon jaka pada hari Minggu (14/1), ketika terjadi hujan deras yang disertai angin kencang. Dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa, namun dapurnya rusak berat.

Selain rumahnya tidak layak huni, dapurnya rusak, kondisi kesehatan kedua lansia suami-istri itu kurang terawat. I Ketut Kleser dengan pakaian seadanya mengalami kesulitan untk berdiri. untuk berpidah tempat Kleser hanya bisa menyeret pantat dan kedua kaki tanpa bisa berdiri.

Sedangkan istrinya Ni Ketut Beret sebelumnya sempat mengalami gangguan jiwa, namun karena keterbatasan dana proses pengobatannya berhenti ditengah jalan.

Melihat kondisi demikian Wabup Made Kasta menghimbau perangkat desa yang turut hadir supaya senantiasa turun ke lapangan memantau dan melaporkan warganya yang membutuhkan bantuan atau sekedar membuatkan proposal supaya bisa diberikan bantuan berupa bedah rumah dari pemerintah.

"Kondisi pasangan Lansia memperihatinnkan, tempat tinggal mereka juga benar-benar tidak layak, mereka harus mendapat perhatian dan bantuan semua pihak, tolong segera buatkan proposal dan diajukan ke Pemkab sehingga kami bisa langsung tindak lanjuti," ujar Wabup Kasta.

Kehadiran PMI Klungkung dengan membawa bantuan berupa logistik sembako merupakan salah satu wujud perhatian Pemerintah kepada warga kurang mampu. Dengan bantuan itu diharapkan akan dapat mengurangi beban dan menunjang kebutuhan pokok warga miskin.

Sementara itu Ni Ketut Beret sangat senang dan berterimakasih menerima kehadiran Wabup Kasta bersama rombongan PMI yang membawa bantuan logistik sembako. (WDY)

Pewarta: Dewa Sentana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018