Nusa Penida (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menyerahkan bantuan hibah enam sepeda motor kepada perwakilan enam "desa pakraman" atau desa adat di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

"Bantuan ini dapat digunakan untuk mempermudah bendesa (pimpinan desa pakraman) dalam melayani masyarakat. Kita tahu bahwa daerah di sini berbukit-bukit sehingga dengan kendaraan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mempermudah melayani masyarakat," kata Sudikerta usai menyerahkan bantuan sepeda motor tersebut, di Nusa Penida, Kamis.

Penyerahan tersebut dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Ped Nusa Penida, Klungkung, diterima oleh bendesa dari Desa Pakraman Kelemahan, Desa Pakraman Dwi Kukuh Lestari, Desa Pakraman Pundukaha Kaja, Desa Pakraman Sekar Pandan, Desa Pakraman Gepuh, dan Desa Pakraman Sompang.

"Bantuan ini juga merupakan wujud perhatian Pemprov Bali dalam upaya turut melestarikan adat budaya Bali melalui sarana yang diberikan kepada desa pakraman," ujar Sudikerta didampingi Bupati Klungkung Nyoman Suwirta.

Sementara itu, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Bali Ketut Adiyasa mengatakan Pemerintah Provinsi Bali sebelumnya juga telah menyerahkan hibah kendaraan operasional secara bertahap, terakhir pada 2015 diterima oleh 1.480 desa pakraman.

Nantinya, hibah kendaraan yang merupakan program berkelanjutan Pemprov Bali ini dapat digunakan sebagai kendaraan operasional bendesa dalam melayani umatnya.

Setelah penyerahan tersebut, pemeliharaan kendaraan akan dilakukan oleh desa pakraman, termasuk balik nama kendaraan.

Bendesa Pakraman Kelemahan I Wayan Selamet menyampaikan rasa terima kasihnya karena sudah dibantu kendaraan operasional dari Pemprov Bali.

"Program Bali Mandara memang sangat mendukung desa pakraman dan sungguh bagus sekali," kata Selamet. (WDY)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017