Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak masyarakat di Pulau Dewata untuk bisa membuktikan bahwa mereka merupakan masyarakat yang berbudaya, termasuk dalam kehidupan berpolitik.

"Kami mengimbau partai politik, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga iklim Bali tetap kondusif sejak, sebelum dan selama tahapan pilkada berjalan. Mari berikan pendidikan politik yang cerdas dan berbudaya kepada masyarakat," kata Pastika saat menyampaikan sambutan pada Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada Bali 2018, di depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Sabtu petang.

Hal itu, menurut dia, demi terbangunnya demokrasi yang substansial yakni demokrasi yang didasari kaidah demokrasi yang sehat sesuai aturan hukum, sekaligus membawa manfaat nyata bagi kesejahteraan rakyat.

"Mari kita buktikan bahwa kita di Bali masih dan tetap melaksanakan kehidupan bermasyarakat, termasuk pilkada berlandaskan filosofi menyama braya, filosofi yang menghargai perbedaan sebagai sebuah dinamika dalam kebersamaan dan persaudaraan," ucapnya.

Terkait dengan acara tersebut, lanjut Pastika, menunjukkan komitmen dan kesiapan KPU untuk memulai tahapan pesta demokrasi.

"Peluncuran maskot dan jingle pilkada, ini langkah awal menyosialisasikan pesta demokrasi dan kesiapan KPU menyelenggarakan pilkada secara demokratis," ujarnya.

Mantan Kapolda Bali itu juga mengingatkan jajaran KPU agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan menjadi tanggung jawab bersama berbagai komponen untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada.

Acara peluncuran maskot Pilkada Bali 2018 ditandai dengan penancapan Kayonan yang berisikan simbol-simbol Asta Brata oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Dalam acara tersebut juga diisi dengan doa bersama, peluncuran jingle Pilkada Bali 2018, dan penampilan fragmentari yang mengisahkan tentang Asta Brata serta penyerahan piagam bagi perwakilan pemilih pemula dari sembilan kabupaten/kota di Bali.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017