Semarapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali menggelar peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 dengan inspektur upacara Bupati setempat I Nyoman Suwirta melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), TNI, Polri, organisasi masyarakat dan pelajar, Sabtu.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Puputan Klungkung secara khidmat itu juga dihadiri Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut diwarnai dengan pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dilaksanakan jajaran Pemkab Tabanan di Lapangan Alit Saputra Tabanan. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, organisasi perangkat daerah, pelajar dan tokoh masyarakat.

Acara tersebut diawali dengan pementasan Tarian Bakta Wisnu yang dibawakan oleh sejumlah pelajar di daerah "gudang beras" Pulau Dewata.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam sambutan tertulis dibacakan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyatakan semangat 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, 89 tahun silam atau tepatnya pada 28 Oktober 1928 berkumpul dan mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu tanah air Indonesia.

Oleh sebab itu sudah sepatutnya para pemuda bersyukur atas sumbangsih pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Langkah-langkah pemuda tersebut serta keberanian mereka, harus dapat diteladani oleh generasi muda.

"Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Pande Yudha

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017