Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali  I Nyoman Suwirta menyerahkan bantuan sosial (CSR) kepada kelompok nelayan Segara Madu yang beranggotakan 30 nelayan di Pantai Kusamba, Kecamatan Dawan, Jumat.

Kelompok nelayan yang telah terbentuk tahun 2002 tahun 15 tahun silam menurut Ketuanya  Wayan Arta bantuan yang diterima akan dimanfaatkan untuk memperbaiki bangunan sebagai tempat penyimpanan mesin perahu masing-masing anggota di pantai tersebut.

Bupati Nyoman Suwirta mengharapkan bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjang kegatan kelompok nelayan.

Seluruh anggota kelompok nelayan dapat berperan aktif dalam berbagai aspek pembangunan, khususnya bidang pemberdayaan, ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Pemkab Klungkung selain memberdayakan para nelayan, juga melakukan terobosan pemberdayaan dan meningkatkan kualitas garam Kusamba, sebagai upaya mengatasi kebutuhan garam di daerah itu dan Bali pada umumnya.

Hal itu dilakukan setelah sebelumnya Pemkab Klungkung sukses dengan program "Jual Murah Beli Mahal dan Pemberdayaan Beras Lokal bagi PNS" yang telah diakui nasional sehingga memperoleh penghargaan Satya Lencana dari Presiden.

Dalam mendukung pemberdayaan petani garam itu, Pemkab Klungkung telah  melakukan penataan Pantai Belatung di Desa Pesinggahan dan menjamin  tidak melakukan penggusuran terhadap petani garam tradisional di sekitarnya.

Upaya penataan  sentra pembuatan garam di sepanjang Pantai Goa Lawah menjadi salah satu objek wisata baru. Dengan penataan pantai yang mengedepankan kelestarian lingkungan dan kebersihan akan muncul dua fungsi sekaligus yakni dari sisi ekonomi termasuk pemberdayaan petani garam  dan pariwisata. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017