Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta kontingen Pramuka dari daerah setempat yang akan mengikuti Lomba Pramuka Penggalang Tingkat Nasional dapat mengukir prestasi setinggi-tingginya.

"Kita wajib mengikuti kegiatan ini. Selain sebagai ajang menimba pengetahuan dan keterampilan, forum ini juga merupakan media untuk menunjukkan dan mengukur prestasi Pramuka Bali di tingkat nasional," kata Pastika saat melepas kontingen Pramuka tersebut, di Halaman Kantor Gubernur di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, lomba tersebut merupakan salah satu ajang bergengsi di bidang Kepramukaan. Oleh karena itu, kontingen Bali diminta menunjukkan kepada daerah lain bahwa Bali tidak kalah dalam pembinaan sumber daya manusia.

Pihaknya berharap berbagai prestasi akademik yang diraih pelajar Bali di tingkat nasional dan internasional, diikuti pula dengan prestasi anak-anak Pramuka Penggalang yang mengikuti lomba ini.

"Saya yakin, Kwartir Daerah Bali telah berupaya optimal dalam mempersiapkan kontingen yang akan bertanding," ucap Pastika.

Di sisi lain, dia mengingatkan Pramuka Penggalang yang akan mengikut lomba agar menunjukkan identitas dan karakter orang Bali yang disiplin, terampil dan pekerja keras.

"Jangan pernah ada kata menyerah, berlombalah dengan rasa jengah (pantang menyerah) dan dilandasi semangat puputan (berjuang habis-habisan). Selain itu, binalah terus kebersamaan dan pertahankan disiplin," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali Dewa Made Indra mengatakan lomba akan dilaksanakan dari 21 hingga 27 Oktober 2017 di Buperta Cibubur, Jakarta.

Pada ajang ini, Bali diwakili oleh 20 Pramuka Penggalang SMPN 6 Denpasar dan SMP Wisata Sanur. Pelepasan kontingen tersebut ditandai penyerahan bendera dari Gubernur Pastika kepada ketua kontingen. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017