Klungkung (Antara Bali) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat tambahan 4.931 orang pengungsi Gunung Agung yang mengungsi pada tempat aman meliputi 238 titik pengungsian tersebar pada tujuh kabupaten/kota di Bali.

"Data sementara total jumlah pengungsi Gunung Agung hingga saat ini tercatat 34.931 jiwa. Saya perkirakan jumlah pengungsi ini akan terus bertambah karena belum semua pengungsi terdaftar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya di Klungkung, Bali, Minggu.

Berdasarkan pendataan Pusdalops BPBD Provinsi Bali memprediksi sebagian masyarakat Karangasem dan terdampak bencana mengungsi keluar Pulau Bali.

Dari data 238 titik pengungsian tersebar di Kabupaten Badung sebanyak tiga titik dengan jumlah pengungsi 328 jiwa, Kabupaten Bangli 23 titik (2.883 jiwa).

Kabupaten Buleleng 13 titik (4.649 jiwa), Kabupaten Denpasar lima titik (297 jiwa), Kabupaten Giayar 12 titik (161 jiwa), Kabupaten Karangasem 81 titik (15.129 jiwa) dan Kabupaten Klungkung 101 titik (11.484 jiwa).

"Banyaknya titik pengungsian yang menyebar menyebabkan kendala dalam distribusi bantuan logistik. Banyak titik pengungsian yang hanya berisi kurang dari 10 jiwa. Gubernur Bali telah memerintahkan agar pengungsi yang sedikit jumlahnya dapat dijadikan satu pada satu tempat dengan jumlah sekitar 200 jiwa per titik pengungsian nantinya," ujarnya.

Untuk saat ini, BNPB terfokus mengevakuasi masyarakat, setelah itu akan melakukan evakuasi hewan ternak dan ditempatkan ditempat aman. (*/adt)

Pewarta: I Made Surya

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017