Amlapura, Bali (Antara Bali) - Seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, berbaur dengan masyarakat setempat menyukseskan rangkaian ritual berskala besar yang bertepatan dengan hari purnama di Pura Jagat Natha Amlapura, Selasa.

"Sehari sebelumnya (4/9) sudah ada ritual Melasti yakni pembersihan `pralingga Ida Betara` ke Pantai Ujung Karangasem yang dipuput (dipimpin) Ida Pedande Gede Ketut Sidemen dari Griya Gelumpang Kecamatan Karangasem," kata Sekda Karangasem I Gede Adnya Mulyadi yang juga ketua panitia kegiatan ritual tersebut.

Kegiatan "Melasti" dengan jalan kaki ke Pantai Ujung juga melibatkan jajaran Pemkab dan masyarakat setempat yang berlangsung khidmat dan meriah dengan iringan alunan instrumen musik tradisional Bali.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri dan wakilnya Artha Dipa turut serta "mundut" yakni membawa "pralingga Ida Betara" yang berbaur dengan masyarakat setempat.

Kegiatan ritual berskala besar di Pura Jagat Natha itu berlangsung selama seminggu, 5-11 September 2017.

Kegiatan ritual di Pura Jagat Natha Amlapura itu digelar bertepatan dengan hari Purnamaning Sasih Ketiga, dengan penanggung jawab pelaksana adalah Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Bagian Kesra.

Tujuan ritual tersebut untuk memohon kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa - Tuhan Yang Maha Esa Penguasa Alam Semesta agar Buana Agung (Jagat Skala) terhindar dari berbagai jenis cobaan malapetaka dan bencana, ujar Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017