Mangupura (Antara Bali) - Dosen Universitas Indonesia Ir Dana Indra Sensuse menilai, Kabupaten Badung, Bali, memenuhi kriteria untuk menjadi kota pintar atau "smart city".

"Kabupaten Badung termasuk 25 kabupaten/kota yang telah memenuhi tiga kriteria untuk dijadikan kota pintar," ujar Dana Indra dalam bimbingan teknis Penyusunan "Master Plan" menuju 100 kota pintar di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, kriteria pertama yakni kesiapan SDM, kemampuan birokrasi dan kemampuan anggaran daerah untuk mendukung kota pintar. Pilar kedua yang telah dipenuhi Pemkab Badung adalah infrastruktur yang terdiri dari kesiapan infrastruktur fisik, TIK dan sosial yang memenuhi standar.

Kemudian, pilar yang terakhir adalah super struktur yakni regulasi, kelembagaan dan pelaksana.

"Yang terpenting dalam pelaksanaan smart city ini adalah bisa mengubah pola pikir (mindset) pegawai untuk menuju teknologi informasi , sehingga dengan pola kota pintar ini kita dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Badung," ujarnya.

Sementara itu, Kadiskominfo Badung Wayan Weda Dharmaja mengatakan, dalam mewujudkan kota pintar ini, Pemkab Badung berkomitmen mengembangkan sistem ini, yang bermanfaat untuk masing-masing instansi pemerintah di Badung dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. (*/adt)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017