Semarapura (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali Nyoman Suwirta mengukuhkan 70 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI di daerah itu.

Pengukuhan Paskibraka tersebut dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekretaris Daerah (Sekda) setempat I Gede Putu Winastra di halaman belakang Kantor Pemerintahan Kabupaten Klungkung, Rabu.

Ke-70 pelajar yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tersebut sebelumnya telah mengikuti pelatihan secara intensif tanpa mengenal lelah .

Pelatihan secara berkesinambungan itu berlangsung di dua lokasi yakni di Lapangan Puputan Klungkung dan di unit pelaksana teknis Sanggar Kegiatan Belajar Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung selama satu bulan.

Paskibraka tersebut terdiri atas 35 orang putra dan 35 orang putri yang dipilih melalui seleksi ketat yang dilaksanakan tim panitia.

Mereka berasal dari lintas sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan seluruh Kabupaten Klungkung. Mereka selama sebulan mengikuti pelatihan menyangkut ketrampilan baris-berbaris yang bertujuan untuk membentuk kepribadian dan disiplin pasukan untuk mendorong terwujudnya rasa pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

Hal itu dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta meningkatkan patriotisme dan idealisme dalam berbangsa dan bernegara sehingga generasi muda akan mampu menerima estafet kepemimpinan.

Bupati Nyoman Suwirta mengharapkan agar anggota Paskibra bisa menjadi generasi penerus bangsa yang baik, memiliki karakter, komitmen dan perilaku yang baik, sehingga siap menjadi generasi bangsa.

Ia mengharapkan agar anggota Paskibra mampu menjadi agen-agen perubahan yang dapat membagi dan memberikan semangat positif kepada sesamanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017