Singaraja (Antara Bali) - Puluhan nelayan di Kabupaten Buleleng, Bali, ikut memeriahkan lomba perahu layar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekan RI berlokasi di Pantai Kerobokan Kecamatan Sawan.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Singaraja, Kamis, mengatakan Pemkab Buleleng secara rutin mengadakan lomba bertujuan untuk menumbuhkan jiwa bahari masyarakat Buleleng.

Lomba perahu layar itu untuk ketiga kalinya kembali dimenangkan oleh Kelompok Nelayan Sinar Bahari dari Kecamatan Banjar dan berhak membawa piala bergilir yang disediakan oleh panitia lomba.

Bupati Suradnyana menambahkan momentum lomba perahu layar itu bisa dimanfaatkan untuk mengundang wisatawan baik lokal maupun mancanegar untuk hadir ke Buleleng.

"Ada salah satu peserta lomba Warga Negara Asing (WNA) yang mengikuti lomba kali ini. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan untuk menambah minat wisatawan datang ke Buleleng. Nanti Diskanla harus bekerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk mempromosikan lomba ini lewat media," ujarnya.

Sementara itu ketua panitia lomba Ir Made Arnika mengatakan lomba diikuti oleh 80 peserta dari beberapa kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Kategori lomba yakni yang tercepat dan sesuai dengan regulasi yang ditentukan oleh juri lomba.

Arnika menambahkan di samping lomba perahu layar, diadakan juga lomba menangkap itik yang diselenggarakan di pantai Lovina.

"Untuk tahun ini kita cari hanya 80 peserta mengingat tempat yang kurang cukup untuk menampung perahu lebih dari 80 peserta," pungkasnya.

Untuk pemenang lomba perahu layar tahun 2017 diraih oleh Ardiansyah dan Dedy Rahmawan dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar sebagai juara pertama, untuk juara kedua diraih oleh Rahmat dan Dayat dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar.

Sedangkan untuk juara ketiga diraih oleh Hambali dan Usman dari Kelompok Nelayan Satria Samudra Kecamatan Sawan, sementara untuk juara harapan satu diraih oleh Sadikin dan Sudirja dari Kelompok Nelayan Bhineka Samudra Kecamatan Sawan, juara harapan dua diraih oleh Ramedan dan Ari Sugianto dari Kelompok Nelayan Sinar Bahari Desa Kaliasem Kecamatan Banjar. (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017