Semarapura (Antara Bali) - Ratusan siswa dari seluruh jenjang pendidikan ikut ambil bagian dalam lomba sepeda hias di Kabupaten Klungkung, Bali, mengawali rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan RI. 

 Kegiatan yang melibatkan murid Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) itu, secara resmi dilepas Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta di depan Pendopo Puri Agung Klungkung, Sabtu.

Peserta menempuh rute sejauh 3,2 kilometer mulai dari depan Pendopo Puri Agung Klungkung melewati jalur-jalur utama di Ibu Kota Kabupaten Klungkung hingga kembali ke tempat pelepasan. Para siswa dalam menghias sepeda dayung atau ontel dituntut untuk melakukan kreasi yang inovatif, seperti menggunakan bahan "ecobrick" atau sampah plastik dalam botol. 

 Peserta menghias sepeda mereka masing-masing dalam berbagai bentuk, seperti menyerupai pesawat terbang, helikopter, perahu, kendaraan perang (tank), burung, dan berbagai hasil kreativias menarik lainnya. 

 Kedek Nova Sastrawan, seorang pelajar SMA yang ikut dalam kegiatan lomba tersebut, menuturkan konsep sepeda hiasnya yang diangkat dalam lomba adalah perahu. Siswa Kelas X SMA Pariwisata Saraswati Klungkung itu, mengerjakan konsep tersebut selama dua hari. 

 Sepeda ontel miliknya dihias penuh dengan "ecobrick" yang dikumpulkannya di sekolah. "Sepeda ini saya hias berbentuk perahu selama dua hari," ujar Kedek Nova Sastrawan, usai mengikuti lomba. 

 Peserta lainnya, Gusti Ngurah Bagus Permana, mengaku senang ikut lomba sepeda hias yang berlangsung cukup meriah. Siswa kelas VI SDN 3 Semarapura Klod itu, mengaku sepeda hiasnya berbentuk pesawat terbang dikerjakan selama empat hari dengan bahan "ecobrick". 

 "Saya buat sendiri selama empat hari," tuturnya. Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Ia berharap melalui lomba itu dapat menumbuhkan kreativitas siswa. 

 Selain itu, ujarnya, dengan menggunakan barang bekas, seperti sampah plastik diharapkan bisa mengajarkan siswa memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang berdaya guna sehingga keberadaanbya dapat dikurangi.

 "Ke depan dengan inovasi dari `ecobrick` ini keberadaan sampah plastik dapat ditekan sekecil mungkin," ujar Wabup Kasta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung A.A. Ngurah Kirana. Pemkab Klungkung dengan merangkul komponen masyakat, kini sedang bekerja keras memerangi sampah plastik sebagai upaya mewujudkan kebersihan lingkungan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017