Denpasar (Antara Bali) - Kota Denpasar, Bali, memecahkan rekor MURI untuk pemeriksaan gigi berlubang (karies) dengan peserta sebanyak 3.059 orang dalam ajang yang digelar PT 3M Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati.

Business Director Healt Care PT 3M Indonesia, Men Jung Tjoe, dalam acara di GOR Ngurah Rai, Denpasar, Senin, mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial untuk mewujudkan 3.000 senyum anak Indonesia dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini.

"Upaya ini juga mendukung program pemerintah menuju Indonesia Bebas Karies (Gigi Berlubang) Tahun 2030," ujar Men Jung.

Ia mengatakan, penyakit gigi dan mulut, terutama gigi sensitif, saat ini masih menjadi masalah kesehatan utama di kalangan masyarakat Indonesia.

Kegiatan pemecahan rekor MURI untuk pemeriksaan gigi berlubang (karies) dan penggunaan Flouride Topikal pada siswa terbanyak ini juga berhasil memecahkan rekor tahun sebelumnya yang pernah dilakukan di Kota Malang dengan jumlah peserta 2.000 orang.

Program 3.000 senyum anak Indonesia yang diikuti 300 dokter gigi itu menjadi komitmen PT 3M Indonesia yang secara aktif berpartisipasi meningkatkan pemahaman masyarakat akan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Melalui program CSR ini, kata dia, diharapkan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat Indonesia melalui penggunaan produk Clinpro White Varnish sebagai pencegahan karies gigi.

Senada dengan itu, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati, Dr. drg. Dewa Made Wedagama, menyatakan pihaknya sangat mendukung upaya 3M Indonesia dalam memeriksa kesehatan gigi siswa di Denpasar dan memberikan penyuluhan tentang manfaat fluoride topikal kepada anak-anak.

"Inisiatif ini sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Mahasaraswati yang ingin mengabdi kepada masyarakat guna meningkatkan kesehatan gigi dan mulut yang digelar 3M Indonesia," ujarnya.

Ia mengharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama anak-anak dalam mencegah karies gigi, dan menyukseskan program pemerintah menuju Indonesia Bebas Karies 2030.

Sementara itu, Business Manager Oral Care Solution PT 3M Indonesia, Ketut Puspa Ganda Susila menambahkan, keunggulan cleanpro white varnish ini untuk melindungi gigi dari karies selama enam bulan.

"Produk ini juga untuk melindungi gigi sensitif saat mengkonsumsi makanan yang dingin atau hangat," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017