Denpasar (Antara Bali) - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Bali, Ny. Ida Ayu Selly Dharmawijaya Mantra mengharapkan semua kader dan pengurus PKK untuk melakukan tertib administrasi guna mengukur pencapaian program yang telah dilaksanakan.

"Suksesnya suatu program tidak terlepas dari pelaksanaan administrasi secara baik dan benar, karena melalui tertib administrasi dapat mengukur capaian dari program yang telah dilaksanakan tersebut," kata Ny. Selly Mantra, saat memberikan pengarahan tentang pentingnya tertib administrasi kepada kader PKK desa dan kelurahan se-Kecamatan Denpasar Utara, di Gedung Sewaka Dharma Denpasar, Selasa.

Ny. Selly Mantra mengatakan semua kader-kader PKK mulai dari tingkat banjar, desa, kelurahan dan kecamatan harus memahami tentang administrasi. Sehingga semua program yang dilaksanakan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan awal.

"Tertib administrasi menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanaan setiap program. Karena hal tersebut menjadi tolak ukur untuk mengetahui program yang telah dilaksanakan," ujarnya.

Di samping itu, kata dia, melalui pelaksanaan tertib administrasi juga telah mengantarkan PKK Kota Denpasar meraih prestasi tingkat nasional.

Untuk itu menurut Ny. Selly Mantra, begitu penting peran administrasi dalam setiap program yang dilaksanakan. Oleh karena itu berharap semua kader PKK mulai dari banjar sampai tingkat kota harus memahami tentang tertib administrasi. Karena setiap kegiatan yang dilaksanakan akan tercatat melalui administrasi.

"Pembinaan ini untuk menyamakan program-program PKK mulai dari tingkat banjar atau lingkungan sampai desa dan kelurahan, kecamatan sampai tingkat kota. Untuk itu TP PKK Kota Denpasar terus gencar melakukan sosialisasi tertib administrasi sehingga diharapkan dapat menyamakan persepsi dalam pelaksanaan program PKK," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi tersebut para kader PKK mulai dari tingkat dusun, desa, kelurahan, kecamatan dan kota dapat satu persepsi dalam melaksanakan program PKK.

"Kami harapkan pelaksanaan tertib administrasi harus sesuai dengan hasil Rakertnas VIII tahun 2015. Karena dalam hasuil Rakernas telah merencanakan pelaksanaan program dan datanya sudah lengkap," ujarnya.

Ia mengatakan pelaksanaan tertib administrasi tersebut tiap tahun dilakukan seleksi, sehingga diharapkan para kader memahami tentang tertib adminstrasi tersebut.

Sementara Ketua, Tim Penggerak PKK Kecamatan Denpasar Utara Ny. Lodra mengatakan sosialisasi Rakernas VIII yang dilakukan TP PKK sangat diperlukan oleh semua kader desa dan kelurahan. Karena dengan sosialisasi dapat menyamakan persepsi dalam melaksanakan program-program PKK untuk mendukung menyukseskan program pemerintah.

"Dalam sosialisasi ini para kader PKK dilatih melakukan administrasi yang baik, terutama dalam pencatatan sehingga memiliki data yang akurat. Data ini sangat membantu pemerintah terutama desa dalam merencanakan program pembangunannya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017