Singaraja (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali terus memacu peningkatan mutu akademik di perguruan tinggi kependidikan terbesar di Pulau Dewata itu sebagai upaya menuju universitas unggul, mampu bersaing secara global.

"Program pelatihan ini merupakan unggulan kita dalam menjaga mutu menuju akreditasi terbaik pada 2019," kata Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd, saat membuka Pelatihan Auditor Mutu Internal Akademik, di Kampus Undiksha Singaraja, Bali, Senin.

Ia mengatakan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari rangkaian program prioritas Kantor Jaminan Mutu Undiksha yang selama ini perannya sangat signifikan dalam hal menjaga mutu dan kualitas perguruan tinggi.

Adapun tujuan yang tentu ingin dicapai yakni para auditor dapat memahami kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), etika dan teknik monev pelaporan audit.

"Saya apresiasi karena pelatihan juga melibatkan pemateri yang merupakan para ahli dalam hal sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. Sehingga tujuannya adalah para peserta mendapatkan ilmu terbaik mengenai proses SPMI di Undiksha," tutur dia.

SPMI sebagai salah satu sub komponen memiliki siklus Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Pelaksanaan, Pengendalian. Pelaksanaan, Peningkatan (PPEPP) yang salah satunya yakni evaluasi.

"Salah satu bentuk evaluasi internal perguruan tinggi adalah dengan melakukan audit mutu internal untuk mendapatkan ruang-ruang peningkatan yang akan terus menerus ditingkatkan lagi (Continuous Quality Improvement)," paparnya.

Dari segi regulasi, peningkatan mutu universitas di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

"Dalam Undang-Undang tersebut diamanatkan adanya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti) yang terdiri atas Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau akreditasi, dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti)," papar dia.

Ia lebih lanjut berpendapat, pembangunan budaya mutu (culture of quality) bukan hanya pada tataran pelaksanaan semata tetapi harus memahaminya lebih dalam lagi.

"Untuk membangun budaya mutu saya harapkan semua harus dapat melihat, mendengar, dan merasakan proses pembangunan `culture of quality` itu sendiri," tegasnya.

Pada 2019, kata Jempel, Undiksha telah menargetkan meraih akreditas A sebagai salah satu bagian program menuju universitas terbaik di tanah air, mampu bersaing dalam tataran global.(WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017