Singaraja (Antara Bali) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Bali menyatakan pagelaran Buleleng Festival 2017 melibatkan sebanyak 52 sanggar seni tersebar di sembilan kecamatan di daerah itu.

"Buleleng Festival atau Bulfest merupakan gelaran kelima sejak pertama kali dilaksanakan pada 2012," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Putu Tastra Wijaya, di Singaraja, Rabu.

Ia mengatakan, pada gelaran tahun ini, Bulfest mengusung tema "The Power of Buleleng" atau kekuatan dari Buleleng dimana sesuai rencana akan dilaksanakan pada 2-6 Agustus 2017.

Tastra menambahkan, Bulfest dijadikan sebagai ajang untuk mempromosikan seluruh kekuatan Buleleng baik dalam bidang budaya, pariwisata serta sosialnya untuk ditampilkan sebagai cerminan Buleleng.

Bulfest akan menampilkan beberapa jenis kesenian seperti Tari Utara Giri sebagai tari pembuka yang merupakan tarian asal Buleleng yang diciptakan oleh musisi asal Buleleng.

"Pastinya akan dibuka oleh Tarian Utara Giri, serta kesenian ngoncang massal dan fragmen tari melibatkan 52 sanggar yang ada di Bali Utara," tutur dia.

Buleleng Festival 2017 akan difokuskan di Tugu Singa Ambara Raja sebagai Panggung utama. Sedangkan lokasi Puri Kanginan dan Gedung Sasanya Budaya juga akan tetap dipergunakan untuk atraksi seni tradisional. (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017