Mangupura (Antara Bali) - Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kabupaten Badung, Bali, menggelar lomba "Innovation Festival" (Inofest) 2017, untuk siswa SMP, SMA/SMK di daerah itu untuk memotivasi pelajar agar lebih berinovasi dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi.

"Kegiatan ini bertujuan membangkitkan dan meningkatkan kesadaran generasi muda dalam menghasilkan suatu inovasi yang kreatif dalam hal memanfaatkan informasi dan teknologi terkini sehingga memiliki daya saing dalam masyarakat," kata Kepala Balitbang Kabupaten Badung , Wayan Suambara, di Puspem Badung, Minggu.

Kegiatan yang mengambil tema "Akselerasi Inovasi Iptek menuju Kabupaten Badung Berdikari" memiliki enam kriteria tema yang akan dilombakan diantaranya teknologi terbaruka, energi alternatif, swasembada pangan, konservasi lingkungan, inovasi kesehatan dan automation industri.

Suambara mengatakan, para peserta yang sebagian besar dari pelajar yang mengikuti lomba tersebut harus mengusulkan karya tulis berupa penuangan ide-ide kreatif dan inovatif terhadap "applied" teknologi sesuai subtema yang ditawarkan.

Dengan adanya kegiatan ini, Badung dapat memiliki SDM yang memiliki ide kreatif tentang pengembangan teknologi untuk masa depan. "Kegiatan ini diharapkan dapat mencetak generasi muda yang memiliki intelektual individu maupun secara kelompok," katanya.

Ia mengatakan, para finalis pada tahap "desk evaluation" akan diumumkan melalui media sosial Balitbang Badung (www.facebook.com/Balitbangbadungkab) dan pemenang akan dihubungi via email mapun telepon ketua kelompok yang tertera pada formulir pendaftaran yang telah diisi.

"Informasi tentang Inofest ini lebih lanjut bisa bisa dilihat dalam sosial media tersebut atau menghubungi panitia Inofest 2017 di bidang inovasi teknologi Balitbang Badung di Puspem Badung gedung unit 15 lantai 3 dengan nomor telepon (0361) 9009255," ujarnya.

Para pemenang nanti, akan diberikan penghargaan berupa piala, piagam dan uang pembinaan yakni untuk katagori SMP juara I sebesar Rp5 juta, katagori SMA/SMK/MA juara satu diberikan sebesar Rp7,5 juta dan katagori perguruan tinggi juara satu diberikan uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

"Penyerahan hadiah ini nantinya akan diberikan bertepatan pada HUT Kota Mangupura," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017