Klungkung (Antara Bali) - Sanggar Seni "Dira Pradiva" yang menjadi duta seni Kabupaten Klungkung, Bali, turut memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-XXXIX dengan menampilkan kesenian Ngelawang berjudul "Ngungsir Kala Tiga" di Taman Budaya Bali, Denpasar, Senin.

Sehari sebelumnya (11/6), Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, sempat meninjau gladi persiapan penampilan sanggar seni yang ditunjuk sebagai duta seni dari kabupaten itu di Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.

Saat meninjau, Wabup Kasta yang didampingi Ny. Sri Kasta berpesan agar kesenian seperti Ngelawang dan kesenian lain tidak hanya dipersiapkan dan ditampilkan pada saat digelarnya kegiatan Pesta Kesenian Bali.

"Saya berharap agar Ngelawang dan berbagai kesenian dan kebudayaan Bali lainnya terus dilestarikan agar tidak punah," ujar Wabup Kasta.

Menanggapi hal itu, Komang Kariasa sebagai Ketua Sanggar Seni Dira Pradiva menjelaskan bahwa keberadaan sanggar yang dipimpinnya memiliki tujuan untuk dapat melestarikan seni dan kebudayaan Bali.

"Tidak hanya warga Desa Aan, semua lapisan masyarakat dapat belajar menekuni kesenian budaya Bali di sanggar ini karena anggota sanggar kami juga banyak yang berasal dari desa lain," kata Komang Kariasa. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017