Amlapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Karangsem, Bali melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat setempat menggelar kegiatan pencerahan rohani (Dharma Wacana) bagi masyarakat setempat sebagai salah satu kegiatan menyambut HUT ke-377 Kota Amlapura.

Kegiatan yang dihadiri lintas organisasi antara lain Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Parisada Hindu Dhrma Indonesia (PHDI), PNS, KNPI dan Pinandite serta Perbekel dan Majelis Desa Pakraman dibuka Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Minggu.

Wakil Bupati Artha Dipa menilai, kegiatan pencerahan rohani yang diberikan oleh Ida Pandita Empu Jaya Acharya Nanda, salah seorang tokoh ritual untuk memberikan memahami tata susila umat sebagai mahluk sosial dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara.

"Tujuan yang paling utama agar kita semua bisa memahami, menghayati dan mengamalkan apa yang tertuang dalam ajaran agama serta sesuai dengan tema `Melalui Peningkatan Sastra Agama Kita Tingkatkan Sradha Bhakti untuk Mendukung Karangasem The Spirit of Bali," ujar Wabup Artha Dipa

Ia mengharapkan melalui kegiatan pencerahan itu seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Karangasem dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pelayanan masyarakat.

Sementara Ida Pandita Empu Jaya Acharya Nanda dalam pencerahannya itu mengangkat tema "Melalui Sastra Agama Kita Tingkatkan Srada Bhakti Untuk Mendukung Karangasem The Spirit of Bali".

Karangasem adalah kota yang mewarisi sebuah tradisi spiritual yang sangat luar biasa, jika ditinjau dari asfek kosmos alam semesta yang terdiri atas dua buah gunung yang sangat besar yakni Gunung Agung sebagai poros dunia, sebagai kehinduan dimana dari katulistiwa, porosnya Bali secara spesipik yang menjadi akses pundi penampakan kedewataan.

Di situ pula dibangun pura besar yakni Pura Agung Besakih sekaligus menjadi Mandala Suci atau Kota Sucinya umat Hindu di Indonesia.

"Bahkan dalam Pengider Bhuwana Nusantara, Bali merupakan suatu kekuatan yang luar biasa termasuk umat Hindu di Indonesia. Gunung Agung juga sebagai pusat sentrum pemerintahan jagat Bali dan pusat dari segala kegiatan spiritual," kata Ida Pandita. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017