Kuta (Antara Bali) - Artha Graha Peduli menyiapkan 10 ribu paket kebutuhan pokok dalam pasar murah menjelang Lebaran 2017 yang digelar di sejumlah titik di Kuta, Kabupaten Badung, 9-23 Juni 2017. 

"Kami laksanakan (pasar murah) semata-mata membantu meringankan beban masyarakat terutama saat hari besar keagamanaan karena kecenderungan harga pasar meningkat," kata Koordinator Artha Graha Peduli (AGP) Wilayah Bali Pandu Djojoadisoeprapto ketika menggelar pasar murah di Masjid Asasuttaqwa di Kuta, Kabupaten Badung, Minggu. 

Menurut Pandu kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar sejak tahun 2013 yang tidak hanya digelar di Bali tetapi di sejumlah daerah di Indonesia. 

Pasar murah di areal parkir Masjid Asasuttaqwa itu, pihaknya membagikan sekitar 1.800 paket sembako yang berisi dua kilogram beras, minyak goreng (1 liter), gula pasir (1 kilogram) dan tiga bungkus mi instan.

Harga satu paket sembako dalam pasar murah itu mencapai Rp25 ribu, harga yang jauh lebih murah dibandingkan di pasaran yang diperkirakan mencapai sekitar Rp60 ribu per paket tersebut. 

"Hasil dana yang diperoleh dari penjualan paket sembako murah ini selanjutnya digunakan untuk membeli kembali sembako berikutnya," ucap Pandu. 

Adanya pasar murah dengan harga miring itu disambut antusias warga setempat yang tertib antre mendaftar untuk membeli paket sembako. 

"Ini sangat membantu karena bahan-bahan sudah mulai mahal sekarang. Lumayan untuk membantu persiapan Lebaran," kata seorang warga Watiningsih. 

Imam masjid setempat Taufik Rifdi mengharapkan agar kegiatan tersebut digelar berkelanjutan dan bisa ditiru oleh lembaga lainnya untuk membantu meringankan beban masyatakat dalam membeli kebutuhan pokok.

"Kami harapkan pasar murah ini membantu masyarakat karena mereka bisa membeli sembako lebih murah," katanya ustad masjid yang berlokasi di dekat Bandara Ngurah Rai itu. 

Rencananya setelah di masjid tersebut, AGP juga akan menggelar pasar murah serupa yang bertempat di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Badung, dan beberapa titik lainnya. 

Sebelumnya pasar murah juga digelar di areal parkir kawasan Discovery Kartika Plaza Kuta pada 9 Juni 2017.(DWA)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017