Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta meminta pramuwisata di daerah itu dapat bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menjaga citra positif pariwisata setempat.

"Saya minta teman-teman `guide` untuk tidak mencari rezeki semata dengan menetapkan harga terlalu tinggi kepada wisatawan, apalagi melakukan aksi penipuan. Saya minta jadilah `guide` yang baik dengan bekerja sesuai SOP yang berlaku, maka siklus pariwisata Bali akan terjaga dengan baik dan aman," kata Sudikerta di sela-sela melepas jalan sehat, di Denpasar, Minggu.

Menurut dia, pramuwisata merupakan garda terdepan dalam mempromosikan Bali kepada para wisatawan domestik maupun internasional.

"Melalui pramuwisata juga memberikan cerminan kepada para wisatawan keramahan maupun sikap kedisiplinan orang Bali," ujarnya pada jalan sehat memperingati HUT Divisi Domestik Himpunan Pramuwisata Indonesia Bali ke-12 itu.

Oleh karena itu, Sudikerta berharap para pramuwisata dapat melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya, tidak hanya sekadar mencari rezeki, tetapi juga dapat membawa harum nama Bali di depan para wisatawan.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT HPI ke-12 Ni Ketut Diarti mengatakan jalan sehat kali ini diikuti oleh sekitar 1.000 peserta yang berasal dari anggota HPI beserta keluarga masing-masing.

Jalan sehat memperebutkan hadiah hiburan berupa satu buah sepeda motor serta hadiah menarik lainnya.

Dalam perayaan ulang tahun kali ini juga mengundang pengusaha UMKM yang ada di wilayah Kota Denpasar, selain itu panitia juga menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk mempererat persatuan anggota HPI.

"Kami berharap dengan perayaan HUT HPI ini dapat terus meningkatkan jalinan persatuan dan persaudaraan, serta dapat membawa dampak positif pada kinerja HPI dalam mendukung pembangunan pariwisata Bali," ujar Diarti.

Dalam kesempatan itu, Wagub Bali juga didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017