Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimta) setempat membangun ruang terbuka hijau (RTH) menampilkan relief sejarah Bung Karno.

"Konsep RTH juga akan menampilkan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," kata I Wayan Winarta dari PT Mitra Tri Sakti selaku pemborong proyek itu di Singaraja, Sabtu.

Pada tahap awal, pembangunan tahap II dari pada RTH Sukasada ini akan bertemakan empat pilar kebangsaan Indonesia. Tema ini untuk mendukung tema awal yang diberikan Bupati Agus Suradnyana yaitu Sejarah Bung Karno.

Bung Karno sendiri yang mencetuskan Empat Pilar Kebangsaan tersebut. Bung Karno selalu mengingatkan rakyatnya akan Empat Pilar Kebangsaan tersebut.

Empat Pilar Kebangsaan Indonesia ini yang harus ditanamkan pada seluruh golongan masyarakat agar seluruh masyarakat bisa hidup berdampingan walaupun berbeda secara ras, agama ataupun golongan, jelasnya.

 Pihaknya menambahkan pada RTH ini akan dibangun beberapa relief ataupun diorama. Relief ini akan menceritakan sejarah Bung Karno yang mana ibunya berasal dari Kabupaten Buleleng.

Relief ini bertujuan untuk menjelaskan sejarah tersebut. Selain untuk pusat rekreasi, RTH ini nantinya juga akan berfungsi sebagai pusat edukasi.

Memberikan pelajaran kepada masyarakat bahwa Bung Karno ataupun ibunya berasal dari Kabupaten Buleleng. "Taman atau RTH ini nantinya akan berfungsi ganda. Selain untuk pusat rekreasi, RTH juga akan berfungsi sebagai pusat edukasi sejarah tentang Bung Karno," imbuh Winarta. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017