Pusat penelitian dan pengembangan geologi kelautan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meneliti potensi sumber energi berupa gas biogenik di perairan Bali Utara dengan menggunakan kapal riset Geomarin III.


"Gas biogenik yang kami temukan di cekungan Bali Utara ini sangat potensial dikembangan", kata Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Badan Penelitian Pengembangan Kementerian ESDM Ediar Usman di sela pemaparan hasil penelitian tersebut di atas kapal Geomarin III di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Sabtu.


Menurut dia, pihaknya melibatkan sekitar 50 anggota yaitu sekitar 20 orang diantaranya peneliti melakukan riset selama satu bulan di perairan antara Pulau Kangean dan Bali yang sebelumnya sudah teridentifikasi memiliki potensi gas tersebut.


Dia menambahkan gas biogenik tersebut berada di kedalaman 500 hingga 1.000 meter sehingga biaya eksplorasinya relatif murah.


Selain itu besarnya potensi gas biogenik Indonesia mendorong Komite Eksplorasi Nasional merekomendasikan untuk meneliti di sepuluh cekungan yang meliputi perairan Sumatera tengah dan selatan, utara Jawa dan Kalimantan.


Video oleh : Nyoman Budhiana



Pewarta: Nyoman Budhiana

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017