Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, meminta umat Kristen di daerah itu untuk tetap menjaga toleransi antar-umat beragama melalui konsep "menyame braya" atau rasa persaudaraan.

"Konsep menyame braya ini harus dijaga, guna mewujudkan Bali yang harmoni antar dan sesama umat beragama," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Minggu.

Ia mengajak umat Kristen di Kabupaten Badung menjadi contoh untuk semangat toleransi dan kekeluargaan antar-umat beragama. "Kami meyakini semua agama di Bali memiliki komitmen bersama menjaga toleransi dan menghormati keberagaman," ujarnya.

Menurut dia, Bali adalah miniatur Indonesia, karena semua agama, suku, etnis ada di Pulau Dewata. "Masyarakat Bali selalu hidup rukun, berdampingan dengan penuh rasa kekeluargaan dan itulah yang kami harapkan," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Badung juga menghadiri acara Perayaan 100 Tahun Penampakan Bunda Maria di Fatima pada Seminari Roh Kudus Tuka, Desa Dalung, Sabtu (13/5) malam.

"Seminari adalah tempat mendidik dan menggembleng calon-calon pastor, tentu kami akan siap memberikan dukungan," katanya.

Acara itu turut dihadiri Anggota Komisi X DPR RI Dr Ir Wayan Koster yang juga memberikan pesan agar tetap menjaga toleransi antar umat beragama dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Bangsa ini sedang dalam ujian mengingat ada upaya pihak-pihak tertentu untuk mengubah ideologi bangsa," ujarnya.

Oleh karena itu, semua kalangan harus memupuk rasa persaudaraan ditengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp1 miliar, untuk proyek renovasi asrama SMP Seminari Kuta.

Bupati bersama rombongan didampingi Rektor Seminari Roh Kudus RD Nubert Hadi Setiawan dan Ketua Alumni Seminari Tuka Yoseph Yulius jugaDiaz, menyempatkan diri meninjau proyek bangunan asrama yang masih dalam proses pengerjaan itu.

Sementara itu, Uskup Denpasar Monsignur Silverster San mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bupati Badung berserta jajarannya, dan atas perhatian berupa bantuan dana yang diberikan untuk pembangunan Seminari Kuta.

Uskup juga menyampaikan terima kasih kepada Anggota Komisi X DPR RI Wayan Koster yang telah memberikan pesan moral, yang sangat baik tentang pluralisme dan toleransi antar-umat beragama.

Tampak hadir pula Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa dan Anggota DPRD Badung I Wayan Sandra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017