Denpasar, 21/4 (Antarta) - Bali ikut ambil bagian dalam ajang pameran yang mengusung gema "Expo Nusantara" dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Bali, Ny Ayu Pastika, Jumat ikut mendampingi dua Pengrajin setempat untuk memamerkan hasil industri kecil dan kerajinan rumah tangga di Gedung Sasono Kriya, TMII, Jakarta.

Ia selalu mendorong dan menggugah para pengrajin untuk selalu memanfaatkan setiap peluang dalam mempromosikan hasil karya mereka.

Para perajin selalu diingatkan untuk jangan memilih-milih ajang promosi. Setiap peluang promosi dimanapun itu adalah kesempatan untuk memperkenalkan hasil karya, jangan pilih-pilih.

Ia mengharapkan agar semua kesempatan promosi yang ada dimanfaatkan dengan baik, karena perajin lain justru sampai meminta-minta agar diberi kesempatan untuk mengadakan pameran.

Dalam memperkenalkan produk, Ayu Pastika juga menekankan pentingnya inovasi dan kreativitas pengerajin, mengingat saingan Bali di kancah nasional sekarang semakin berat.

Untuk itu agar para Pengrajin bisa terus berkreatvitas meningkatkan mutu hasil produksi dengan rancang bangun (disain) sesuai keinginan konsumen.

"Yang penting saya harap para pengrajin terus meningkatkan kreavitas dan inovasi. Kerajinan Bali memang terkenal akan keunikan dan karya seninya yang indah. Namun daerah lain juga tidak kalah, dan mereka terus berinovasi. Dan Bali juga harus seperti itu," ujar Ayu Pastika.

Ia tidak menampik bahwa para pengrajin Bali mulai meningkatkan kreativitas, seperti contoh beberapa produk tas, sendal yang modelnya terus mengikuti perkembangan zaman.

Semua itu tidak meninggalkn ciri khas Balinya. Oleh sebab itu pihaknya sangat yakin, para pengunjung juga mengapresiasi kerajinan Bali. Hal itu bisa dilihat dari begitu banyaknya antusiasme pengunjung mendatangi stand Kerajinan Bali.

Menurut pengakuan Ayu Pastika, rata-rata pengunjung sangat mengagumi hasil kerajinan Bali dalam pameran yang diikuti oleh 34 Provinsi dan 31 Museum se-Indonesia.

Ia menegaskan ajang tersebut merupakan untuk mempromosikan hasil kerajinan Bali, namun lebih dari itu, jangan melupakan promosi yang terbaru, yakni melalui media online.

"Saya menyadari promosi melalui online baik website ataupun media sosial sangat ampuh menarik konsumen. Jadi para pengrajin jangan melewatkan kesempatan itu. Pokoknya setiap peluang harus diambil dan ditempuh, mari bersama-sama kita promosikan hasil kerajinan," ujarnya.

Sebelum pembukaan Expo Nusantara, Ayu Pastika juga berkesempatan meninjau stand Dekranasda Provinsi Bali dan stand Dekranasda Kabupaten Gianyar.

Bahkan Ia juga ikut melayani seklaigus menarik konsumen mengunjungi stand Bali. Selain stand kerajinan, Bali juga ikut memeriahkan stand Kuliner di areal TMII. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017