Denpasar (Antara Bali) - Kementerian Perdagangan melakukan pemantauan ke sejumlah pasar tradisional di Denpasar untuk mengetahui harga kebutuhan pokok menghadapi hari raya keagamaan, yakni hari Suci Kuningan dan menjelang bulan Ramadan.

"Kami datang bersama tim untuk meninjau langsung pasar tradisional di Kota Denpasar, yakni Pasar Kreneng dan Sindu yang berlokasi di objek wisata Sanur," kata Staf Ahli Perdagangan Bidang Perdagangan Jasa, Kementerian Perdagangan (Kemendag) Lasminingsih di Denpasar, Bali, Kamis.

Kegiatan peninjauan pasar tersebut didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Wayan Kusumawathi,

Kadis Derindag Kota Denpasar Wayan Gatra dan sejumlah perangkat daerah terkait.

Lasminingsih mengatakan dari pemantauan harga kebutuhan pokok, seperti beras, gula pasir, cabai rawit dan bawang merah di pasar tersebut menyebutkan harga masih tetap stabil. Seperti gula pasir Rp13 ribu per kilogram (kg), cabai rawit merah Rp48 ribu per kg dan bawang merah Rp34 ribu per kg.

"Kami langsung menanyakan kepada para pedagang, bahwa kebutuhan pokok di dua pasar tradisional tetap stabil. Tidak ada lonjakan harga walaupun saat ini menjelang hari raya keagamaan, yakni hari Suci Kuningan pada Sabtu (15/4)," ujarnya.

Namun demikian, kata Lastiningsih berharap dinas terkait di daerah untuk terus melakukan pemantauan harga, termasuk juga melakukan pengawasan terhadap para distributor kebutuhan pokok tersebut ke pasar.

"Dengan langkah pengawasan secara berkelanjutan, kami berharap harga kebutuhan pokok tidak ada kenaikan yang signifikan menjelang perayaan keagamaan tersebut. Saya berharap juga kepada distributor tidak mengambat distribusi barangnya ke pasaran, sehingga harga tetap stabil," ucapnya.

Ia mengatakan jika distribusinya lancar dan stok barang ada di pasar, maka harga bisa stabil. Karena itulah perlu pengawasan dari semua instansi, termasuk juga berharap kepada warga masyarakat tidak membeli kebutuhan melebihi dari yang diperlukan saat menjelang hari raya itu.

"Pemantauan harga kami berharap kepada dinas terkait terus rutin dilakukan dan dilaporkan kepada kami. Sehingga kami mengetahui perkembangannya di daerah, salah satunya di Denpasar. Rencananya kami akan menjadwalkan ke Bali untuk melakukan pemantauan pasar menjelang ramadan tahun ini," kata Lastiningsih.

Sementara seorang pedagang di Pasar Kreneng Gede Suryanata mengatakan walau menjelang hari Suci Kuningan, harga kebutuhan pokok tetap stabil.

"Saya menjual harga kebutuhan pokok, seperti bahan bumbu dapur yakni cabai, bawang merah dan bawang putih harganya stabil. Tidak ada kenaikan harga mesti menjelang hari raya Kuningan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017