Gianyar (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Gianyar bekerja sama dengan Bali Agility Team (BAT) menggelar Kontes Anjing Sehat 2017 di Lapangan Astina Gianyar, Minggu (2/4).

Kontes itu merupakan bagian dari sejumlah rangkait dalam memperingati Hari Jadi Ke-246 Kota Gianyar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar Ir. I Made Raka membuka kegiatan tersebut dengan pemberian vaksin terhadap ratusan ekor anjing secara gratis.

Ketua Panitia Drh. I Ketut Kusmayadi mengatakan bahwa kontes tersebut merupakan kegiatan tahunan untuk memperebutkan Piala Bergilir Bupati Cup IX sebagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT Kota Gianyar.

Selain itu, juga untuk menyeleksi anjing-anjing yang berkualitas, sebagai sarana olahraga (dog sport) dan salah satu upaya untuk membebaskan Bali, khususnya Gianyar dari penyakit rabies dengan memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan anjing tersebut.

Kusmayadi menambahkan bahwa kontes anjing kali ini melibatkan 200 ekor anjing yang terdiri atas berbagai jenis anjing.

Kegiatan tahunan itu tidak hanya diikuti oleh masyarakat penggemar anjing dari Gianyar saja, tetapi juga klub-klub pelatihan anjing dari seluruh Bali.

Kriteria penilaian sendiri, kata dia, meliputi anatomi anjing, kecepatan makan, fashion, fly ball, dan agility (ketangkasan dengan 20 rintangan).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar Made Raka sangat mengapresiasi penyelenggaraan Kontes Anjing Sehat 2017.

Dengan adanya kontes anjing, dia berharap memberikan imbas kepada masyarakat umum di Kabupaten Gianyar tentang bagaimana cara memelihara anjing yang sehat dan terhindar dari risiko rabies yang dapat menular kepada manusia.

Latar belakang sosial budaya masyarakat Gianyar, kata dia, tidak tertutup kemungkinan mengakibatkan populasi anjing sehingga keputusan untuk mempertahankan Kabupaten Gianyar sebagai daerah bebas rabies mutlak diperlukan. Terlebih lagi, Kabupaten Gianyar merupakan daerah tujuan wisata

"Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali, kami juga secara berkala melakukan vaksinasi rabies sehingga Gianyar bebas rabies," kata Made Raka

Made Raka menambahkan bahwa kontes tersebut sekaligus sebagai ajang sosialisasi kepada mayarakat tentang bagaimana tata cara merawat hewan peliharaan dengan baik.

Ia berharap pelaksanaan kontes anjing sehat mampu menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap anjing lokal yang tidak kalah cerdas, menarik, dan sangat mudah dipelihara. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017