Singaraja (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengajak masyarakat di daerah itu melestarikan permainan tradisional yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa.

"Jangan pernah lupa dengan permainan tradisional. Oleh karena itu, kami melombakan bertepatan dengan HUT Kota Singaraja, " kata Agus Suradnyana di Singaraja, Bali, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya berharap lomba olahraga tradisional seperti ini bisa terus dimainkan di desa-desa saat hari-hari besar seperti 17 Agustusan.

Harapan ini sangat besar agar masyarakat dan generasi muda tidak lupa dengan permainan tradisional. "Harapan saya agar desa-desa bisa menyelenggarakan kegiatan model-model seperti ini sehingga generasi muda tidak lupa dengan permainan tradisional," ujarnya.

Agus yang juga Ketua DPC PDIP Buleleng itu menambahkan Pantai Kerobokan dipilih karena setiap tahun bergiliran untuk menjadi tuan rumah lomba olahraga tradisional.

Pada tahun 2016 Pantai Giri Emas ditunjuk menjadi tuan rumah. Namun sekarang Pantai Kerobokan yang dijadikan tuan rumah. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan pantai-pantai yang ada di Buleleng.

"Kita tunjuk bergiliran sebagai tuan rumah. Mungkin tahun depan pantai mana yang siap. Anturan mungkin. Kita akan pakai Pantai di Anturan," imbuh Suradnyana.

Sementara itu, Perbekel Kerobokan, Putu Wisnu Wardana mengungkapkan kegembiraannya dan rasa terima kasih karena Pemkab Buleleng telah memilih Pantai Kerobokan sebagai tempat perlombaan. Dirinya merasa mendapatkan promosi dari dipilihnya Pantai Kerobokan ini.

Dengan begitu Pantai Kerobokan menjadi lebih terkenal dan diketahui oleh khalayak ramai. "Saya disini mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Buleleng karena telah memilih Pantai Kerobokan sebagai tuan rumah Lomba Olahraga Tradisional. Acara ini juga sebagai ajang promosi Pantai Kerobokan," ungkapnya.

Ke depan, menurut Wisnu Wardana, Desa Kerobokan akan serius menata Pantai Kerobokan ini. Pantai Kerobokan akan tetap dijaga kebersihannya. Selain itu, penataan akan dilakukan agar Pantai Kerobokan nyaman untuk dikunjungi oleh masyarakat.

Taman dan lahan parkir akan ditata agar terlihat lebih indah dan tertib. "Kita akan tata Pantai Kerobokan ini agar bisa bersaing dengan objek-objek wisata lainnya yang ada di Buleleng," tutupnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017