Singaraja (Antara Bali) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Bali Ayu Pastika meminta jajarannya hingga tingkat terbawah dapat mengakselerasi 10 program pokok PKK dan mengembangkan inovasi sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

"Sudah saatnya kita perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program dengan kerja, kerja dan kerja meskipun kita harus menyesuaikannya dalam skala gerakan PKK," kata Ayu Pastika pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45, di Singaraja, Buleleng, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan program PKK sedapat mungkin mengurangi program yang bersifat seremonial belaka, namun mengimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan.

Istri orang nomor satu di Bali itu memandang perlu kesiapan peningkatan keterampilan teknis dan manajerial untuk segenap jajaran TP PKK, dengan cara membuat program pelatihan teknis dan manajerial sesuai kepentingannya bagi jajaran TP PKK.

Ayu Pastika berharap, dengan melaksanakan koordinasi yang efektif antara PKK provinsi dengan kabupaten/kota untuk melaksanakan program yang terintegrasi maka para tim PKK yang ada di setiap jenjang ataupun daerah menjadi tahu, mau dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Saya berharap melalui mementum ini seluruh jajaran TP PKK tetap secara aktif melakukan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena pada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja program-program PKK," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan HKG Ke-45 yang juga selaku Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Bali Dayu Sudikerta mengatakan telah dilaksanakan berbagai kegiatan serangkaian menyambut peringatan HKG tahun ini.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain kunjungan sosial ke Korban Longsor di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, penyerahan kaki palsu Kepada Jro Ratna (60 th) dan bantuan alat dengar kepada Jero Mangku Nengah di Busungbiu Buleleng, penyerahan bantuan bedah rumah di Kabupaten Buleleng dan Karangasem, pelaksanaan berbagai lomba HKG PKK-KB-Kesehatan di tingkat provinsi, serta berbagai kegiatan lainnya.

Sedangkan pada puncak acara HKG tersebut, Dayu Sudikerta dilaksanakan beberapa kegiatan seperti penampilan senam lansia, pelayanan posyandu di Kampung Bugis, pemeriksaan kesehatan gratis, IVA test, pelayanan KB, pemberian kaca mata gratis, pameran produk unggulan dari PKK se-Bali dan pameran produk dari Gerbang Sadu Mandara Kabupaten Buleleng.

Selain itu, juga dimeriahkan dengan pasar murah dari Bulog Provinsi Bali dan penampilan yel-yel dari TP PKK Kabupaten Klungkung.

Ia berharap dengan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan itu dapat semakin memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat serta meningkatkan pemahaman seluruh komponen masyarakat terhadap tujuan, program dan kegiatan PKK. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017