Singaraja (Antara Bali) - Ratusan personel Kepolisian Resor Buleleng, Bali, siap mengamankan perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di daerah itu bekerja sama dengan "pecalang" atau petugas keamanan adat.

"Kami sangat siap mengamankan perayaan Nyepi melihat jumlah personel yang cukup memadai di semua tingkatan," kata Kepala Polres Buleleng, Ajun Komisaris Besar Polisi I Made Sukawijaya di Singaraja, Bali, Rabu.

Ia mengatakan, pasukan pengamanan terdiri dari satu pleton perwira Polres Buleleng, satu pleton Sub Den POM Singaraja dan akan dibantu oleh satu pleton personel Kodim 1609 Buleleng,

"Kami juga "diback up" satu pleton personel Raider 900 Buleleng, Pasukan Brigadir Polres Buleleng, satu pleton Sat Pol PP Pemkab Buleleng, satu pleton Dishub Pemkab Buleleng dan satu pleton Orari lokal Buleleng.

Sukawijaya mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan gelar pasukan untuk meningkatkan semangat kebersamaan serta mempererat kekompakan dan keterpaduan.

Selain itu juga, kata dia, pengamanan nantinya diharapkan dapat menciptakan stabilitas keamanan pada hari raya Nyepi Saka 1939, hubungan harmonis dan sinergitas harus selalu tercipta dan tidak pernah padam.

"Hindari segala bentuk penyimpangan atau perbuatan melawan hukum karena hal ini akan dapat menurunkan Citra dan kredibilitas satuan dan kepolisian secara umum," tegasnya,

Pihaknya juga meminta kepada seluruh unsur masyarakat untuk selalu meningkatkan sinergitas koordinasi serta profesionalisme dalam menangani segala bentuk tindak pidana kriminalitas, aksi terorisme,

"Ataupun dalam rangka pengamanan hari raya Nyepi Saka 1939 kita harus mampu menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat. Pegang teguh etika profesi sehingga tugas dan tanggung jawab yang diemban dapat diterima dan dirasakan oleh masyarakat," kata Suka. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017