Negara (Antara Bali) - Gubernur Bali I Made Mangku Pastika mempersilahkan pemerintah kabupaten untuk memanfaatkan aset pemerintah provinsi, sepanjang bermanfaat untuk masyarakat.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jembrana, Selasa, yang ditemui langsung Bupati I Putu Artha beserta jajarannya di Gedung Kesenian Bung Karno, Negara.

"Silahkan gunakan aset milik provinsi di kabupaten yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat, termasuk di Kabupaten Jembrana ini," katanya.

Selain itu, ia juga mendukung upaya Pemkab Jembrana untuk meningkatkan status RSU Negara dari tipe C ke B, bahkan pihaknya mendorong adanya rumah sakit-rumah sakit lain sehingga pelayanan kesehatan khususnya rawat inap tidak hanya terpusat di RSU Negara saja.

Ia mengaku, mulai dari perbatasan Kabupaten Jembrana di ujung timur hingga ke barat, dirinya tidak menemukan rumah sakit, sehingga pemerintah perlu mendorong pendirian rumah sakit di daerah ini.

"Apabila Kabupaten Jembrana maju, akan berdampak kepada Bali secara keseluruhan. Oleh karena itu, kami sangat mendukung berbagai pembangunan yang dilakukan Pemkab Jembrana baik sektor kesehatan, pendidikan maupun ekonomi," katanya.

Sebelumnya kepada Pastika, Bupati I Putu Artha mengatakan, pihaknya sedang melakukan berbagai penambahan fasilitas fisik, alat kesehatan hingga tenaga medis untuk meningkatkan status RSU Negara dari tipe C ke B.

Secara umum, untuk peningkatan pelayanan kesehatan, ia mengatakan, sudah dibangun Puskesmas-Puskesmas yang melayani rawat inap di seluruh kecamatan.

Dari sisi kesejahteraan masyarakat ia mengatakan, terjadi penurunan jumlah keluarga miskin berkat berbagai program seperti bedah rumah, beasiswa, serta pemberdayaan terhadap warga kurang mampu.

"Saat ini kami juga sedang fokus mengembangkan sektor pariwisata, salah satunya dengan mendirikan akademi komunitas yang diharapkan hasil didikannya bisa menunjang program kami di sektor tersebut," katanya.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017