Gianyar (Antara Bali) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Wilayah Bali timur melaksanakan sosialisasi ketenagakerjaan melibatkan puluhan pekerja utusan dari berbagai perusahaan di daerah itu, Selasa.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Layanan Satu Pintu Terpadu (LSTP) Buruan Blahbatuh Kabupaten Gianyar yang mendapat perhatian besar dari seluruh perusahaan yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Wayan Suamba mengatakan, upaya sosialisasi tentang ketenagakerjaan yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan dinilai sangat tepat untuk memperhatikan keselamatan kerja para karyawan.

Hal itu sangat penting bagi pekerja untuk meningkatkan kinerja dalam proses produksi. Jika kesehatan dan keselamatan pekerja tidak diperhatikan bagaimana tidak mungkin produktivitas dapat meningkat.

Wayan Suamba mengingatkan, dalam menjalankan usaha keberhasilan itu sangat ditentukan oleh langkah kemampuan memperhatikan nasib pekerja menyangkut BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu sangat penting karena BPJS yang membiayai dana kesehatan menjadi harapan para pengusaha dan seluruh karyawan perusahaan tersebut, ujar Wayan Suamba.

Sementara Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Wilayah Bali Timur Anak Agung Wikarma menyambut baik langkah yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar dalam menyosialisasikan bidang BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja.

Dengan ikut program BPJS pekerja akan banyak memperoleh manfaat terkait keselamatan kerja diantaranya Jaminan Kecelakaan (JKK),Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Oleh sebab itu sosialisasi tersebut diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan yang mampu menjangkau seluruh karyawan dan betul-betul menikmati program BPJS, harap Anak Agung Wikarma.

Kabupaten Gianyar sebagai pusat pengembangan industri kecil dan kerajinan rumah tangga di Bali hingga kini memiliki sebanyak 75.224 unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menyerap ribuan tenaga kerja, disamping usaha hotel dan restoran. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017