Lovina, (Antara Bali) - Wisatawan mancanegara (Wisman) ikut melakukan aksi pungut sampah di kawasan Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali, bersama sejumlah pelaku pariwisata di wilayah itu.

"Kami ingin mewujudkan suasana bersih utamanya di pantai andalan pariwisata Bali Utara ini. Kedepan kebersihan harus menjadi fokus utama pembenahan pariwisata," kata Kordinator One Island One Voice Lovina, Putu Bayu Astawa, di Singaraja, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya ingin memberikan edukasi dan pembelajaran kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan pantai demi keberlangsungan pariwisata di Pulau Dewata.

Bayu Astawa menambahkan, aksi pungut sampah ini mereka lakukan serentak di 20 pantai di seluruh Bali. Di Buleleng, selain di Lovina aksi ini juga dilakukan di Pantai Pemuteran.

Dikatakan pula, pihaknya berharap masyarakat semakin sadar tentang lingkungan sehingga tidak akan berpikir untuk membuang sampah sembarangan di laut dan hutan.

Menurut dia, keberadaan sampah plastik di pantai selain merusak pemandangan alam juga merusak lingkungan. Bahkan sampah plastik yang dibuang masyarakat sembarangan tidak bisa musnah dengan sendirinya.

Dikatakan pula, pihaknya juga menilai belakangan ini banyak sampah masuk ke wilayah pantai akibat pengaruh bencana alam yang sering terjadi seperti banjir dan tanah longsor.

Namun demikian, kata dia, apabila, sampah plastik dibiarkan mengotori pantai ditakutkan akan menutupi terumbu karang bawah laut hingga menyebabkannya mati.

"Hal tersebut yang kami takutkan karena selain mengancam eksistensi terumbu karang juga memberikan dampak negatif terhadap ekosistem laut lain seperti ikan dan lainnya," demikian Bayu. (gus)

Pewarta: Pewarta : IMB Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017