Denpasar (Antara Bali) - Pengurus Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Bali terus melakukan inovasi untuk menggaet wisatawan mancanegara dan domestik agar betah berlibur di Pulau Dewata dengan memperkenalkan obyek wisata baru yang belum pernah dikunjungi.

"Upaya ini kita lakukan agar tempat wisata yang dikunjungi tidak monoton di daerah itu saja dan wisatawan yang datang ke Bali betah berlama-lama tinggal di Pulau Dewata dengan menjual potensi wisata di luar daerah Bali Selatan," kata Sekertaris Asita Bali, Putu Winastra di Denpasar, Jumat.

Dalam melakukan inovasinya itu, lanjut dia, Asit cenderung memperkenalkan kepada wisatawan mancanegara bahwa ada obyek wisata di Bali Utara yang lebih menarik dengan budaya daerah setempat yang khas.

"Kita sering mengajak wisatwan untuk melihat potensi pantai di Bali Utara khususnya keindahan bawah lautnya dan obyek wisata Pulau Menjangan maupun tradisi yang ada di daerah itu," katanya.

Selain di Bali Utara, lanjut dia, Asita juga memperkenalkan obyek wisata di Bali Timur yang memiliki panorama alam yang luar biasa. Kemudian, daerah Kintamani Bangli yang memiliki obyek wisata danau dan pegunungannya.

Namun, kendala yang sering dihadapi Asita dalam memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Pulau Dewata saat ini diantaranya kurangnya fasilitas infrastruktur yang mendukung dan fasilitas publik yang representatif

Ia mencontohkan, seperti fasilitas kamar mandi yang sering kekurangan air dan kurang terawat sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Kemudian, fasilitas untuk masyarakat difabel juga belum banyak tersedia di objek wisata, sehingga hal ini perlu adanya campur tangan pemerintah.

"Saya harapkan agar obyek wisata di seluruh daerah Bali lebih representatif dan bertaraf internasional," katanya.

Pihaknya mengutip kata-kata Menteri Pariwisata Arief Yahya bahwa obyek wisata yang dikelola pemerintah minim fasilitas, dibandingkan obyek wisata yang dikelola pihak swasta yang justeru sangat luar biasa dalam memberikan fasilitas ini.

Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan agar pariwisata Bali ini dapat dikelola secara menyeluruh sehingga ke manapun wisatawan itu bepergian mendapatkan pelayanan yang sama. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017