Singaraja (Antara Bali) - Calon bupati dan wakil bupati petahana Pilkada Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana - I Nyoman Sutjidra (PASS) unggul sementara berdasarkan hasil "data entry" scan formulir C1 pada website resmi KPU RI.

"Pemasukan data scan C1 plano sudah memasuki 100 persen, dengan total TPS sebanyak 1.086 yang tersebar di lima kecamatan dan 148 desa," kata Anggota KPU Buleleng, Gede Sutrawan, di Singaraja, Jumat.

Dari data tersebut, pasangan petahana yang diusung Partai PDIP, Nasdem serta didukung Hanura, PKB, Gerindra, dan PPP meraih 214.630 suara atau 68.19 persen.

Sedangkan, pasangan nomor urut 2 yakni Dewa Nyoman Sukrawan dan Gede Dharmawijaya (Surya) yang maju melalui jalur independen meraih 100.134 suara atau 31.81 persen dengan total pemilih sebanyak 321.395 orang.

"Berdasarkan scan C1 tersebut, jumlah suara memang tidak berubah dan merupakan salah satu aturan dari KPU pusat melakukan scan hasil C1 masing-masing kecamatan," katanya.

Sutrawan menambahkan, tujuan dari publikasi C1 untuk keterbukaan publik sehingga masyarakat dapat mengontrol pelaksanaan pemilihan kepala daerah di wilayahnya masing-masing.

"Hal tersebut juga sebagai upaya keterbukaan publik, sehingga dapat dilihat gambaran umum dari proses penghitungan yang sedang dilaksanakan KPU Buleleng," tambah dia.

Sementara itu, kata dia, KPU Buleleng saat ini sedang melakukan proses pleno di kecamatan-kecamatan yang direncanakan pada 16-22 Februari 2017.

"Pleno di kabupaten kami rencanakan antara 22-24 Februari 2017. Salah satu diantara tanggal tersebut. Hasil pleno di kabupaten merupakan proses terakhir dari proses pleno di kecamatan," jelasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017