Gianyar (Antara Bali) - Pelayanan KB gratis rutin diberikan pada seluruh masyarakat di Kabupaten Gianyar, karena ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Namun demikian, selain merupakan program rutin, pemberian KB juga bisa diberikan berdasarkan permintaan dari desa atau kecamatan. Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Batuan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Gianyar, dalam rangka kegiatan  HKG PKK-KB-Kes memberikan pelayanan KB gratis bagi akseptor KB di Kantor Desa Batuan Sukawati, Rabu (15//2).

Meskipun rutin, namun pelayanan KB gratis selalu ramai peminatnya. Ini mungkin disebabkan karena kesadaran mayarakat akan pentingnya keluarga kecil sejahtera makin meningkat. Pelayanan KB yang dibuka mulai pagi hari ini menjaring sekitar 40 akseptor KB.
 
Seperti dijelaskan oleh Kabid. Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pergerakan di DP3AP2KB Kab. Gianyar, A.A Anom Sukamawa pelayanan KB gratis di Kabupaten Gianyar selalu ramai peminat. Apalagi untuk memancing minat masyarakat untuk ikut KB, diberikan juga bantuan paket sembako gratis.

" Pasang KB saja gratis, apalagi ditambah bonus paket sembako tentu mereka akan tertarik untuk ikut serta," tegas A.A Anom Sukamawa.

Target akseptor KB baik untuk pria dan wanita di tahun 2017 belum ditentukan masih menunggu Rakerda di tingkat Provinsi, namun pasti jumlahnya tidak terpaut jauh dari target di tahun 2016. Untuk tahun 2016 total seluruh sasaran di Kabupaten Gianyar 7093 akseptor dengan realisasi 5283 akseptor atau 74,48 %.

Dijelaskan juga untuk alat kontrasepsi pemerintah kini tengah mengupayakan adanya perubahan dari alat kontrasepsi jangka pendek (pil dan suntik) ke alat kontrasepsi jangka panjang (IUD dan Implan). Tentu saja semua alat kontrasepsi ini ada kelemahan dan keunggulannya masing-masing, namun seperti dijelaskan oleh dokter konsultan dari RSUD Sanjiwani Gianyar yang hadir pada kegiaatan tersebut, dr. IB Gde Udyoga Manuaba,SpOG. Semua alat kontrasepsi bagus hanya ada beberapa orang yang mengalami efek samping seperti mens tidak teratur, gemuk, ataupun jerawat.

Namun, untuk Alat kontrasepsi jangka panjang seperti IUD dan Implan efek sampingnya sangat kecil. Seperti tidak mengggangu sistem hormonal atau mentsruasi, jika ingin hamil lagi tidak membutuhkan waktu lama dan tentu saja irit dari segi biaya. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017