Singaraja, (Antara Bali) - Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, mendorong mahasiswanya kreatif dan inovatif sehingga dapat menemukan peluang usaha dan bisnis, mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain.

"Saat ini memang kami sedang gencar mengkampanyekan program wirausaha muda. Anak muda harus berani membuka lapangan kerja bukan hanya berorientasi mencari pekerjaan," kata Wakil Dekan FE, Putu Gede Parma Sst Par Mpar di Singaraja, Bali, Kamis.

Ia mengatakan, FE Undiksha memang sedang fokus melakukan orientasi kurikulum, utamanya memberikan lebih banyak mengenai kurikulum wirausaha kepada para mahasiswanya.

Dengan itu, kata dia, mahasiswa lebih banyak berorientasi pada praktek, bukan hanya teori semata. Hal tersebut penting untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa sejak dini.

Parma menambahkan, saat ini mahasiswa memang harus berani mengubah cara pandang. Selama ini mereka (mahasiswa) diamati berada pada zona nyaman saja, tidak ingin keluar dari keadaan tersebut.

Padahal, kata dia, banyak contoh anak muda sukses karena berani keluar dari zona nyamannya dan mulai berfikir kreatif dengan cara berwirausaha, membuka lapangan kerja bagi orang lain.

"Semua dimulai dari kemampuan berfikir kreatif dan inovatif. Anak muda harus menjadi contoh utamanya mereka yang jadi mahasiswa sebagai sosok terdidik dan berilmu," paparnya.

Undiksha, kata dia, kedepan bukan hanya fokus pada bidang pendidikan saja, tetapi bagaimana melahirkan kaum wirausahaan muda yang mampu mendorong kemajuan ekonomi daerah.

"Semua sudah disusun. Kedepan harapan besar kami Undiksha bukan hanya dilihat dari pendidikan saja tetapi juga wirausahanya," tambah Parma. (gus)

Pewarta: Pewarta : IMB Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017