Denpasar (Antara Bali) - Institut Otomotif Indonesia (IOI) bersama Kementerian Perindustrian mencanangkan angkutan kendaraan pedesaan Indonesia pada pertengahan Tahun 2017.

"Kegiatan tersebut untuk mendukung spirit pembangunan industri otomotif Indonesia yang mempunyai kompetensi, maju dan mandiri," kata Presiden IOI, Made Dana Tangkas di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan, kendaraan untuk daerah pedesaan tersebut merupakan salah satu upaya sinergi pemerintah, IOI dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Kerjasama tersebut mengusung sistem "Academy, Bussines, Government, and Community" (ABGC) dalam melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif, khususnya di wilayah pedesaan.

Made Dana Tangkas menambahkan, kendaraan pedesaan Indonesia diciptakan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Industri lokal.

"Kendaraan pedesaan ini lahir untuk membangun SDM Industri lokal yang kompeten agar mampu meningkatkan produksi kendaraan dalam negeri" ujar Made Dana Tangkas.

Upaya untuk memperoleh model kendaraan pedesaan yang tampil beda dan tidak ketinggalan zaman, sekaligus membangun kemandirian industri nasional dalam rangka memajukan pertumbuhan perekonomian masyarkat pedesaan.

Untuk itu, pihaknya bersama Kementerian Perindustrian dan sejumlah perguruan tinggi kini sedang mengadakan lomba Desain Prototype Kendaraan Pedesaan Indonesia yang berlangsung sejak 5 Desember 2016 hingga 5 Maret 2017, kata Made Dana Tangkas. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Wayan Artaya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016