Semua Atlet Lolos Kualifikasi Kirim Ke Riau

Pewarta :

Semua Atlet Lolos Kualifikasi Kirim Ke Riau

Denpasar (Antara Bali) - Semua atlet Bali yang dinyatakan lolos pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON), akan diusulkan untuk berlaga dalam kegiatan olahraga bersekala nasional empat tahunan di Riau pada 2012.

"Kami akan mengusulkan semua atlet yang lolos kualifikasi untuk dikirim ke arena PON di Riau, kecuali ada pembatasan dari induk organisasi cabang olahraga yang bersangkutan," kata Ketua Umum KONI Bali Drs Made Nariana, di Denpasar, Senin.

Berapa jumlah pastinya atlet Bali yang akan berlaga pada PON Riau 2012, Nariana menyebutkan, belum dapat diketahui dengan pasti, karena akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemerintah Provinsi Bali yang menyediakan dana sepenuhnya.

Nariana mengatakan, atlet yang sudah dapat dipastikan mampu menyabet medali di arena olahraga empat tahunan itu sudah pasti dikerim ke Riau, yang saat ini sudah dibina melalui program Palda Bali Emas 2011.

Ada cabang olahraga tertentu yang meloloskan atletnya ke PON berdasarkan limit waktu yang diraih dalam pra PON, namun berapa jumlahnya yang bisa dikirim, tentu ada batasnya yang ditentukan oleh induk organaisasinya.

Ia mencontohkan, atlet atletik misalnya, koutanya hanya untuk seratus orang selama pertandingan di PON Riau. Jumlah itu tentu dibagi-bagikan kepada seluruh daerah di Nusantara sesuai dengan jatah diberikan.

Kalau Bali bisa meloloskan lewat babak kualifikasi PON sesuai limit waktu yang ditentukan sekitar 25 atlet atletik, namun jatah yang diberikan kepada Bali hanya 15 saja, maka yang dikirim sesuai kouta yang ada, kata Nariana.

Nariana mengatakan, atlet yang berprestasi asal Bali, apalagi mereka yang kini mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games 2011 termasuk Pelatnas Prima, pasti dikirim ke PON Riau.

Sekitar 25 atlet dari berbagai cabang olahraga yang dibina KONI Bali selama ini, tercatat mengikuti Pelatnas SEA Games 2011, termasuk Pelatnas Prima, sebagai modal meraih medali emas di arena PON Riau 2012.

Selain itu, puluhan atlet andalan Bali lainnya juga dibina melalui program Palda Bali Emas 2011, yang nantinya menjadi tim inti kontingen PON Bali 2012, dan mereka itu diharapkan mengangkat nama Bali melalui olahraga di tingkat nasional, harap Nariana.(*)
Editor: Masuki
COPYRIGHT © ANTARA News Bali