Forikan Denpasar Mengajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Pewarta : Pewarta: I Komang Suparta

Forikan Denpasar Mengajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Pelajar Sekolah Dasar menunjukkan benih ikan lele yang dibagikan saat kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di kawasan Peguyangan, Denpasar, Bali. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wdy/2017)

Denpasar (Antara Bali) - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kota Denpasar, Bali mengajak masyarakat dan anak-anak untuk gemar mengkonsumsi ikan dalam upaya menjadi anak tumbuh sehat dan cerdas.

Ketua Forikan Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Selly Mantra di Denpasar, Kamis mengatakan kegiatan konsumsi ikan tersebut, dengan tema "Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan)". Langkah ini bertujuan warga masyarakat, termasuk anak-anak untuk memenuhi salah satunya kebutuhan protein tersebut harus suka makan ikan.

"Agar memasyarakatkan gemar makan ikan tersebut, kami dalam kegiatan ini menyelenggarakan lomba, antara lain lomba "ngelilit" sate yang diikuti perwakilan ibu PKK dari empat kecamatan di Denpasar," ujar Ny. Selly Mantra yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Denpasar.

Selain itu, kata dia, Forikan Denpasar juga melakukan kegiatan penebaran benih ikan yang diikuti oleh anak-anak sekolah dasar di lingkungan Desa Peguyangan Denpasar dan keterlibatan kelompok pengolah dan pembudidaya ikan.

Dikatakan kegiatan yang pertama kali tersebut adalah bentuk inovasi dan gebrakan baru pemerintah kota bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar.

Ny. Selly Mantra lebih lanjut mengatakan bahwa Gemarikan ini mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kecerdasan masyarakat, karena melalui makan ikan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah, maka kesehatan masyarakat akan terjamin, anak-anak semakin cerdas dan kuat.

"Kita ketahui bahwa ikan sangat banyak manfaatnya, kandungan protein, mineral, asam amino dan Omega-3 sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak," ucapnya.

Acara tersebut adalah bentuk ajakan dan sosialisasi terkait dengan pentingnya untuk mengkonsumsi ikan sejak dini khususnya bagi anak-anak.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra hadir dan mengapresiasi pelaksanaan program baru tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi acara ini, konsepnya cerdas, terlebih melibatkan anak-anak yang terlihat sangat antusias, ke depan bisa dilanjutkan tentunya dengan inovasi-inovasi lainnya," ucapnya.

Wali kota juga mengajak warga masyarakat dan anak-anak agar gemar makan ikan. Sembari mengucapkan "Ayo makan ikan, agar sehat, kuat, dan cerdas".

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Anak Agung Bayu Brahmasta mengatakan tujuan dari gerakan tersebut adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak untuk sejak dini gemar mengkonsumsi ikan,

"Selain itu kegiatan ini juga untuk mendorong minat masyarakat menciptakan menu baru berbahan dasar ikan, agar minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan meningkat," ucapnya.

Kegiatan tersebut diikuti 236 orang anak-anak sekolah dasar, antara lain dari SDN 3, SDN 6, SDN 8 dan SDN 12 Peguyangan, ibu-ibu PKK, dan kelompok pengolah dan pembudidaya ikan di Kota Denpasar. (WDY)
Editor: I Gusti Bagus Widyantara
COPYRIGHT © ANTARA News Bali