Gianyar (Antara Bali) - Kepolisian Resor Gianyar, Bali, menggugah masyarakat untuk tertib berkendara dan mengutamakan "safety riding" saat berada di jalan raya agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Kami mengingatkan masyarakat agar tertib berkendara dan tidak lupa menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor di jalanan," kata Kapolres Gianyar AKBP Waluya di Gianyar, Minggu (11/12).

Ia mencatat jumlah kasus kecelakaan di Kabupaten Gianyar rata-rata masih cukup tinggi mencapai 15-25 kasus per bulan dengan memakan korban meninggal dunia lima orang.

Oleh sebab itu, Waluya mengharapkan masyarakat tertib berlalulintas dan disiplin menggunakan helm, serta saat menggunakan kendaraan bermotor tetap mengutamakan "safety riding".

"Kami juga terus memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal dengan membuka situs samsat `online` maupun pembuatan SIM secara `online`," katanya.

Upaya itu, katanya, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendaftar pembayaran pajak kendaraan setiap tahun melalui aplikasi yang telah disiapkan.

"Dengan langkah ini, masyarakat dapat menentukan hari pembayaran samsat dan perpanjangan SIM sehingga tidak perlu mengantre terlalu panjang yang dapat diakses melalui situs `webside` polresgianyar.id di mana dalam aplikasi ini kami juga memiliki `operator quick response`," katanya.

Dalam acara itu juga melibatkan perwakilan anak-anak sekolah tingkat SMA di Kabupaten Gianyar beserta komunitas motor yang ada di "Pulau Dewata" bersama para jurnalis yang ada di daerah itu.

"Ke depannya kegiatan ini rutin dilakukan dengan menyasar anak sekolah tingkat SMA, tukang ojek dan wisatawan asing yang nantinya akan diagendakan lebih lanjut," ujarnya.

Dalam acara itu, dilanjutkan dengan pencanangan "ambassador safety riding", penyematan helm, jaket dan pin "safety riding agent". Selain itu, juga dilakukan kompetisi "safety riding" kategori siswa SMA, kategori komunitas dan kategori jurnalis.

Kepala Wilayah Astra Motor Bali Ronaldo Widjaja mengatakan upaya itu juga sudah dilakukan PT Astra Motor untuk mengajak masyarakat membudayakan keselamatan dalam berkendara melalui berbagai kegiatan.

"Saya berharap kegiatan `safety riding` satu hari ini bisa menjadi pembelajaran kepada masyarakat agar berkomitmen menjaga keselamatan dirinya sendiri dan orang lain saat di jalan raya," ujar Ronaldo.

Pihaknya juga menginginkan masyarakat menularkan budaya aman berkendara kepada masyarakat secara berkelanjutan
"Sebagai `main dealer` sepeda motor Honda terbesar di Indonesia, kami punya peran penting untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya aman berkendara," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016