Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika berharap hubungan daerahnya dengan Timor Leste terus berjalan dengan baik, apalagi negara tersebut secara historis pernah menjadi bagian dari Indonesia.

"Perayaan ini tidak hanya bermakna khusus sebagai penghormatan pada Hari Kemerdekaan, tetapi yang lebih penting adalah momentum memantapkan hubungan persahabatan Indonesia-Timor Leste, khususnya hubungan Timor Leste dengan Bali," kata Gubernur Pastika saat menghadiri Resepsi Peringatan HUT ke-41 Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste di Denpasar, Senin.

Pada acara yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Timor Leste di Bali itu, dia juga turut mengucapkan selamat dan turut berbahagia atas peringatan HUT tersebut.

Dia menambahkan kerja sama selama ini tidak hanya berdasarkan sifat saling menguntungkan, namun juga tumbuh dengan saling berbagi nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan nilai dalam segala bidang kehidupan.

"Sudah sangat banyak masyarakat Timor Leste yang tinggal di Bali. Demikian pula sebaliknya, sudah banyak pula masyarakat Bali tinggal di Timor Leste. Ke depan, tentu jumlah itu akan semakin meningkat dan menyatukan kedua negara," ujarnya.

Menurut mantan Kapolda Bali itu, menjadi tugas masyarakat dan pemerintah daerah untuk memelihara dan terus meningkatkan hubungan baik sekaligus senantiasa mengupayakan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat kedua bangsa.

"Ke depan, saya tetap berharap ada program-program kemitraan strategis yang digagas dalam mendukung program pembangunan daerah Bali, sejalan dengan berkembangnya Bali sebagai daerah pariwisata internasional," ucapnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal Timor Leste di Bali Mrs Teresa Maria De Carvalho mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya kepada Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan kesempatan kepada Timor Leste untuk membuka konsulat nya di Indonesia dan juga Bali.

"Semoga hubungan kedua negara bisa terus berjalan dengan baik, mengingat keduanya pernah memiliki hubungan sejarah," ucap Teresa.

Teresa mengajak seluruh masyarakat Timor Leste untuk ikut merefleksikan kemerdekaan Timor Leste serta mensyukuri dengan hasil yang telah diraih.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Timor Leste untuk terus bangkit menuju masa depan yang gemilang.

Dalam acara tersebut hadir pula Wakapolda Bali Brigjen Pol I Dewa Putu Anom, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016