Tabanan (Antara Bali) - Kebun Raya Eka Karya di Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali, mendorong masyarakat mengoptimalkan budaya menanam dan memelihara pohon sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI, Dr Bayu Adjie di Begudul, Tabanan, Senin, menjelaskan bahwa gerakan penghijauan melalui penanaman pohon yang menjadi bagian kepedulian mengatasi krisis lingkungan hidup.

Untuk itu, pihaknya memberikan sumbangan bibit tanaman bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan, kepolisian, TNI, instansi terkait dan masyarakat untuk ditanam di kawasan wisata Ulun Danu Beratan tepatnya di dekat areal Pura Beji.

Jenis pohon yang ditanam yaitu cemara pandak (Podocarpus imbricatus) yang merupakan hasil pengembangan Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Eka Karya Bali-LIPI.

Program gerakan penghijauan merupakan program pemerintah pusat yang mulai digulirkan secana nasional.

Kegiatan hari menanam tersebut dilakukan oleh seluruh Kebun Raya LIPI (Kebun Raya Bogor, Cibodas, Purwodadi dan Bali) dengan menanam sebanyak 12.800 pohon.

Adji menambahkan Kebun Raya Bali telah menyumbangkan bibit pohon kepada masyarakat dan instansi untuk ditanam di berbagai kawasan daerah Bali sebanyak 3.933 pohon hingga Oktober 2016. (DWA)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016